Semangatnya Ibu-Ibu Belajar Membaca dan Menghafal Alquran

loading...
Semangatnya Ibu-Ibu Belajar Membaca dan Menghafal Alquran
Semangatnya Ibu-Ibu Belajar Membaca dan Menghafal Alquran
BANDUNG - Mobile Qur’an (MoQu) PPPA Daarul Qur'an Bandung kembali mengunjungi wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebuah undangan hadir dari ibu-ibu Majelis Taklim Al Ikhlas untuk belajar cara menghafal Alquran dengan metode khas Daarul Qur’an yaituOne Day One Ayat (ODOA).
Kegiatan ini menjadi awal di mana ibu-ibu akan menerapkan budaya tahfidz bahkan kajian tahfidz di setiap aktivitas majelis taklim. Dengan semangat tinggi, para ibu yang rata-rata berusia 50 sampai 70 tahun ini, sedikit demi sedikit melatih lisan untuk melafalkan ayat-ayat suci Alquran.
Mereka memulainya dari bacaanta'awwudz,basmalahsampai melatih pengucapan Surat Al Fatihah dan menghafal ayat-ayatnya dengan acak dan mundur sebagaimana yang dikenal dengan metode cangkok.
Kang Hamdie yang membimbing training ODOA tak lupa menyampaikan kemudahan menghafal Alqur’an. Selain melalui metode ODOA, ia juga menyarankan ibu-ibu yang hadir untuk belajar lewat Qur’an Call. Sebuah fasilitas belajar Alquran melalui telepon bebas pulsa yang merupakan salah satu program PPPA Daarul Qur’an.
PPPA Daarul Qur’an Bandung juga membagikan mushaf Alquran di Majelis Taklim al Ikhlas pada Minggu (11/6). Ibu-ibu majelis taklim yang berjumlah sekitar 20 orang merasa bahagia sewaktu berada di masjid.
Kebahagiaan yang tak pernah dibayangkan sebelumnya, mereka menanti Alqur’an yang kelak dijadikan sebagai fasilitas untuk belajar. Sebelumnya mereka belajar mengaji dengan mushaf Qur’an yang sudah lusuh dan pernah di buang karena tidak layak pakai. Tulisan ayat-ayatnya pun terlihat kabur.
Belum lagi lembar demi lembar halaman ada yang hilang entah kemana. Mungkin usia Alquran itu sudah tua dan sudah banyak tangan yang menggunakannya. Kini setelah ada program operasi Alquran dari PPPA Daarul Qur’an, mereka bisa membaca dengan jelas.
Rasa syukur menghiasi kebahagiaan di sore hari menjelang maghrib itu. Saking bahagianya mereka langsung membaca dan melafalkannya sewaktu itu juga. Seolah mereka baru pertama kali melihat Alquran yang baru.Alhamdulillah. "Sekarang tulisannyagededangakusahpakekacamata lagi," ucap salah satu ibu Majelis Taklim Al Ikhlas.
Sumber: www.pppa.or.id

(aww)
cover top ayah
اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ فِى الدَّرۡكِ الۡاَسۡفَلِ مِنَ النَّارِ‌ ۚ وَلَنۡ تَجِدَ لَهُمۡ نَصِيۡرًا
Sungguh, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.

(QS. An-Nisa:145)
cover bottom ayah
preload video