Catatan ke-22 Ramadhan

Puasa Ramadhan Itu Berserah Diri

loading...
Puasa Ramadhan Itu Berserah Diri
Puasa Ramadhan Itu Berserah Diri
Imam Shamsi Ali
Presiden Nusantara Foundation


Substansi dari keislaman itu adalah 'Al-istislam at-taam' (berserah diri secara totalitas) kepada Allah SWT. Dengan berserah diri secara totalitas inilah yang diimplementasikan dalam 'at-thoo'ah at-taammah' (ketaatan penuh) seorang Muslim akan mencapai state of 'as-salaam at-taam' (comprehensive peace).

Dalam perspektif agama semua yang ada (maujuud) hanya ada (exist) karena Dia yang Al-wujuudul Mutlaq (Maha Ada). Dia adalah sumber dari segalanya. Dia yang mengadakan yang tiada, mencipta, mengatur, memiliki, menguasai secara mutlak. (Baca Juga: Puasa Ramadhan itu Mengenalkan Batas-batas Hidup)

Keyakinan seperti itulah yang membangun kesadaran 'istislam' (submission) yang mutlak. Bahwa memang Allah yang menjadi pusat segala sesuatu dalam hidup dan kuasa Dia pulalah yang berlaku.



Untuk itu sikap kita satu-satunya hanyalah: sami'na wa atho'na (setelah kita dengar maka kita taati) segala keputusanNya. Kita laksanakan perintah-perintahNya dan kita hindarkan larangan-laranganNya.

Dan seorang Mukmin akan merasa tidak pantas sama sekali ketika Allah dan Rasulnya telah menetapkan tentang sesuatu lalu merasa bahwa ketetapan mereka lebih baik daripada keputusan Allah dan RasulNya.

Seorang Mukmin akan selalu menyadari akan kemaha sempurnaan Allah dan kesempurnaanNya dalam mengambil keputusan apapun itu. Lebih dari itu akan menyadari bahwa 'Allah itu Maha Tahu dan mereka tidak tahu'.



Secara umum manusia terbagi dua dalam penolakan kepada agama. Ada yang memang karena tidak tahu (dhoollin) dan ada yang mengetahuinya tapi menolaknya karena arogansi dan alasan lainnya.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
وَمَا عَلَّمۡنٰهُ الشِّعۡرَ وَمَا يَنۡۢبَغِىۡ لَهٗؕ اِنۡ هُوَ اِلَّا ذِكۡرٌ وَّقُرۡاٰنٌ مُّبِيۡنٌۙ
Dan Kami tidak mengajarkan syair kepadanya (Muhammad) dan bersyair itu tidaklah pantas baginya. Al-Qur'an itu tidak lain hanyalah pelajaran dan Kitab yang jelas,

(QS. Yasin:69)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video