Imam Shamsi Ali: 5 Bekal Kesuksesan Hidup

loading...
Imam Shamsi Ali: 5 Bekal Kesuksesan Hidup
Imam Shamsi Ali: 5 Bekal Kesuksesan Hidup
Sejak Jumat lalu pesantren Nur Inka Nusantara Madani mengadakan acara istimewa yang disebut Annual Sport and Family Fun Weekend. Sebuah acara yang ditujukan bagi remaja/pemuda dan keluarga untuk menikmati akhir pekan mereka.

Salah satu kegiatan terpenting selama 2 hari itu adalah tausiyah singkat (short reminder) setelah salat-salat fardhu. Satu di antara tausiyah yang ditekankannya adalah tausiyah Minggu subuh kemarin.

"Dalam ceramah singkat yang kita kenal kultum (kuliah tujuh menit) itu saya menyampaikan ada minimal 5 hal yang jangan sampai terlalaikan dalam hidup. Bahkan menjadi kewajiban setiap Muslim untuk menjaga, bahkan menumbuh suburkannya," kata Imam Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation kepada SINDOnews.

Imam Shamsi yang juga Pembimbing Haji Nusantara USA menjelaskan lima bekal untuk kesuksesan hidup.



Pertama, manusia tidak akan pernah menemukan keberhasilan dan kesuksesan apapun tanpa iman. Maka iman menjadi modal utama dalam hidup manusia. Karenanya iman harus dijaga, ditingkatkan dan dibuatkan setiap saat. Itulah yang diingatkan oleh Rasulullah SAW : perbaharui iman kamu dengan 'laa ilaaha illallah'.

"Iman itu fluktual sifatnya. Keadaannya naik turun. Hari ini meninggi, besok boleh jadi drop ke tingkat terendah. Hal itu karena iman berpusat di hati. Sedang hati itu memang alamiahnya terbolak balik," jelasnya.

Untuk menyadari jika iman naik atau turun, lihat kepada indikatornya. Yaitu kenginan (irodah) dalam berbuat kebaikan apakah kuat atau lemah. Kuat atau lemahnya amal saleh itu merupakan kuat atau melemahnya iman seseorang.

Kedua, untuk keberhasilan seseorang iman semata tidak cukup. Tapi diperlukan ilmu yang mumpuni. Ilmulah yang akan menyinari jalan sehingga seseorang bisa berjalan menorobos lorong-lorong hidupnya.

Ilmu menjadi lentera kehidupan. Iman itu energi dan kekuatan. Ilmu itu yang menjadi sinar perjalanan. Iman tanpa ilmu bagaikan kendaraan dengan mesin yang kuat tanpa peta. Berjalan cepat tanpa tahu arah destinasi (tujuan).
halaman ke-1
cover top ayah
اَللّٰهُ يَتَوَفَّى الۡاَنۡفُسَ حِيۡنَ مَوۡتِهَا وَالَّتِىۡ لَمۡ تَمُتۡ فِىۡ مَنَامِهَا‌ ۚ فَيُمۡسِكُ الَّتِىۡ قَضٰى عَلَيۡهَا الۡمَوۡتَ وَ يُرۡسِلُ الۡاُخۡرٰٓى اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى‌ ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰیٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ
Allah memegang nyawa (seseorang) pada saat kematiannya dan nyawa (seseorang) yang belum mati ketika dia tidur; maka Dia tahan nyawa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia lepaskan nyawa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran) Allah bagi kaum yang berpikir.

(QS. Az-Zumar:42)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video