15 Kalam Indah Imam Syafi'i

loading...
15 Kalam Indah Imam Syafii
15 Kalam Indah Imam Syafi'i
Imam Syafi'i bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafi'i Al-Muththalibi Al-Qurasyi. Beliau lahir di Gaza Palestina, 150 Hijriyah (767 M) dan wafat di Fusthat Mesir tahun 204 Hijriyah (819 M).

Imam Syafi'i adalah seorang mufti besar pendiri mazhab Syafi'i yang tergolong kerabat dari Rasulullah SAW, yaitu keturunan dari Al-Muththalib, saudara dari Hasyim, yang merupakan kakek Nabi Muhammad SAW.

Kelahiran beliau pada 150 Hijriyah bertepatan dengan wafatnya dua ulama besar Imam Abu Hanifah Nu'man bin Tsabit, pendiri Mazhab Hanafi yang wafat di Irak dan Imam Ibn Jureij Al-Makky, seorang mufti Hijaz yang wafat di Makkah.

Keluasan ilmu Imam Syafi'i terlihat dari penguasaan ilmu agamanya. Sejak usia 7 tahun, beliau telah hafal Alqur'an. Kemudian usia 12 tahun hafal kitab Al-Muwaththa' karya Imam Malik sebelum beliau berjumpa langsung dengan Imam Malik di Madinah.



Berikut 15 kalam indah Imam Syafi'i yang penuh hikmah:

1. Dosa-dosaku amat banyak. Namun ketika aku bandingkan dengan rahmat-Mu, Ya Rabb, ampunan-Mu jauh lebih besar.

2. Janganlah mencintai seseorang yang tidak mencintai Allah. Jika Allah saja mereka tinggalkan, mereka pun juga akan meninggalkanmu.



3. Jika dirimu tidak kamu sibukkan dengan kebaikan, maka ia akan menyibukkanmu dengan kebatilan.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
وَّمَا هُوَ بِقَوۡلِ شَاعِرٍ‌ؕ قَلِيۡلًا مَّا تُؤۡمِنُوۡنَۙ
Dan Al-Qur'an bukanlah perkataan seorang penyair. Sedikit sekali kamu beriman kepadanya.

(QS. Al-Haqqah:41)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video