alexametrics

Nama-nama Lain dari Hari Kiamat, Yuk Siapkan Bekal Akhirat

loading...
Nama-nama Lain dari Hari Kiamat, Yuk Siapkan Bekal Akhirat
Allah Taala mengingatkan hari Kiamat yang sulit itu agar manusia tidak lalai dan tidak berbuat zalim ketika di dunia. Foto ilustrasi/Ist
Di dalam Al-Qur'an terdapat banyak surat yang mengingatkan tentang dahsyatnya Hari Kiamat. Di antaranya, QS. Al-Waqiah (hari kiamat), QS Al-Haqqah (kenyataan hari kiamat), QS Al-Qiyamah (hari berbangkit), QS. An-Naba' (berita besar), QS At-Takwir (menggulung), QS. Al-Infitar (terbelah), QS. Al-Insyiqaq (terbelah), QS. Al-Ghasyiyah (hari pembalasan), QS. Az-Zalzalah (kegoncangan). Dan masih banyak lagi ayat-ayat tentang kiamatyang diabadikan dalam Al-Qur'an.

Jika dicermati kandungan surat-surat di atas tentu kita tidak bisa membayangkan betapa dahsyatnya kegoncangan hari Kiamat kelak. Kendati demikian, umat Islam wajib mengimani hari akhir tersebut. Allah Ta'ala mengingatkan hari yang sulit itu agar manusia tidak lalai dan tidak berbuat zalim ketika di dunia.(Baca Juga: Inilah Rentetan Peristiwa Menjelang Hari Kiamat Besar)

Sesungguhnya kita semua milik Allah dan hanya kepada-Nya kita kembali. Dan tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah 'Azza wa Jalla. Berikut nama-nama lain dari Hari Kiamat:(Baca Juga: 3 Kelompok Manusia Ini Tidak Merasakan Ketakutan di Hari Kiamat)



1. Yaumul Akhir atau Hari Akhir.
Hari yang paling akhir dalam kehidupan manusia. Setelah peristiwa kiamat ini tidak akan dijumpai hari-hari lain kecuali hari akhir. Segala peristiwa dan kejadiannya sudah tidak sama dengan alam di dunia.

2. Yaumul Qiyamah atau Hari Kiamat.
Hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur untuk mempertanggungjawabkan segala amal perbuatannya ketika hidup di dunia.(Baca Juga: Inilah Tanda-tanda Kiamat Besar dan Kiamat Kecil)

3. Yaumul Hisab atau Hari Perhitungan.
Artinya segala amal perbuatan manusia akan dihitung, sebesar apapun perbuatan tersebut baik perbuatan yang buruk maupun perbuatan yang baik. Perhitungan ini tidak akan mengalami kesalahan. Amal perbuatan manusia akan diperhatikan dan dimintai pertanggungjawabannya.

4. Yaumul Jaza' atau Hari Pembalasan Amal.
Manusia yang melakukan amal kebaikan akan mendapat balasan surga, sedang manuisa yang melakukan amal perbuatan buruk atau dosa akan mendapat balasan neraka.

5. Yaumul Fashl atau Hari Keputusan.
Maksudnya setiap manuisa di hari akhir nanti akan mendapatkan keputusan terakhir tentang nasibnya. Hal ini sesuai dengan amal perbuatannya pada waktu di dunia.

6. Yaumul Taghabun atau Hari Kerugian.
Pada hari kiamat nanti, dengan segala keputusan dan kepastian yang diperoleh dari Allah Ta'ala, semuanya akan mengalami kerugian, terutama bagi mereka yang tidak memperbanyak amal kebaikan pada waktu di dunia.

7. Yaumul Hasyr atau Hari Dikumpulkan.
Yaumul Hasyr adalah hari berkumpulnya semua manusia setelah dibangkitkan dari kubur pada hari kiamat unuk menunggu pengadilan dari Allah. Bagi mereka yang tidak berbuat baik akan menyesal mengapa ketika hidup di dunia tidak patuh kepada Allah. Sedang mereka yang berbuat baik akan menyesal mengapa tidak memperbanyak amal saleh.

8. Yaumul Wa'id atau Hari Ancaman.
Hari terlaksananya ancaman. Dalam Surah Qaf ayat 20 Allah berfirman yang artinya: "Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari yang diancamkan".

9. Yaumud-Hid atau Hari Pertanggungjawaban Agama.
Pada hari kiamat nanti setiap manusia akan mempertanggungjawabkan kebenaran agama yang dianutnya.

Demikian nama-nama lain dari Hari Kiamat atau hari akhir. Sebenarnya masih banyak lagi nama-nama lain dari hari kiamat sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an Al-Karim. Semoga ulasan ini menjadi muhasabah dan motivasi kita untuk memperbanyak amal kebaikan dan amal saleh. Kita juga berdoa agar Allah Ta'ala menyelamatkan umat Islam dan berkenan mencurahkan rahmat-Nya.(Baca Juga: 3 Hal Ini Berada Dalam Naungan 'Arasy Allah di Hari Kiamat)

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
cover top ayah
وَجَاوَزۡنَا بِبَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ الۡبَحۡرَ فَاَتۡبـَعَهُمۡ فِرۡعَوۡنُ وَجُنُوۡدُهٗ بَغۡيًا وَّعَدۡوًا‌ ؕ حَتّٰۤى اِذَاۤ اَدۡرَكَهُ الۡغَرَقُ قَالَ اٰمَنۡتُ اَنَّهٗ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا الَّذِىۡۤ اٰمَنَتۡ بِهٖ بَنُوۡۤا اِسۡرَآءِيۡلَ وَ اَنَا مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
Dan Kami selamatkan Bani Israil melintasi laut, kemudian Fir‘aun dan bala tentaranya mengikuti mereka, untuk menzhalimi dan menindas (mereka). Sehingga ketika Fir‘aun hampir tenggelam dia berkata, “Aku percaya bahwa tidak ada tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan aku termasuk orang-orang Muslim (berserah diri).”

(QS. Yunus:90)
cover bottom ayah
preload video
KOMENTAR
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak