Islam Mana yang Lebih Utama? Ini Jawaban Nabi

loading...
Islam Mana yang Lebih Utama? Ini Jawaban Nabi
Islam Mana yang Lebih Utama? Ini Jawaban Nabi
Allah Ta'ala memuji orang-orang beriman dalam Alqur'an. Salah satunya firmanNya berbunyi "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman." (Al-Mu'minin: 1)

Abu Hurairah RA mengatakan bahwa Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda, "Iman itu ada enam puluh lebih cabangnya, dan malu adalah salah satu cabang iman."

Pertanyaannya, Islam manakah yang lebih utama? Abdullah bin Umar mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda, "Orang Islam itu adalah orang yang orang-orang Islam lainnya selamat dari lidah dan tangannya. Dan orang yang berhijrah (muhajir) adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah."

Dalam Kitab Shahih Bukhari disebutkan, Abu Musa RA berkata, mereka (para sahabat) bertanya, "Wahai Rasulullah, Islam manakah yang lebih utama?' Beliau menjawab, 'Orang yang orang-orang Islam lainnya selamat dari lidah dan tangannya."



Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW? Islam manakah yang lebih baik?" Beliau bersabda, "Kamu memberikan makanan dan mengucapkan salam atas orang yang kamu kenal dan tidak kamu kenal."

Kemudian Nabi SAW bersabda, "Tidak beriman salah seorang di antaramu sehingga ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri."

Di hadits lain, Rasulullah SAW bersabda: "Demi Dzat yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya (kekuasaan-Nya), salah seorang di antara kamu tidak beriman sehingga Aku lebih dicintai olehnya daripada orang tua dan anaknya."



Tiga hal yang apabila terdapat pada diri seseorang maka ia mendapat manisnya iman yaitu Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai olehnya daripada selain keduanya, mencintai seseorang hanya karena Allah, dan ia benci untuk kembali ke dalam kekafiran sebagaimana bencinya untuk dicampakkan ke dalam neraka. Allahu A'lam
(rhs)
cover top ayah
قَالَا رَبَّنَا ظَلَمۡنَاۤ اَنۡفُسَنَا وَاِنۡ لَّمۡ تَغۡفِرۡ لَـنَا وَتَرۡحَمۡنَا لَـنَكُوۡنَنَّ مِنَ الۡخٰسِرِيۡنَ
Keduanya berkata, “Ya Tuhan kami, kami telah menzhalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

(QS. Al-A’raf:23)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video