alexametrics

Kisah Istri Saleha dan Dosa Besar Bagi yang Tidak Taat Suami

loading...
Dalam satu hadits Nabi disebutkan, perempuan-perempuan ahli surga itu antara lain istri yang memelihara kesucian (kehormatan dirinya), menaati perintah Allah dan menaati suaminya, banyak anaknya, penyabar, mudah menerima pemberian sedikit bersama suaminya, mempunyai rasa malu. Kalau suaminya tidak ada di rumah, ia memelihara dirinya dan harta suaminya. Kalau suaminya sedang di rumah ia mengekang lisannya.

Dalam Kitab Uqud al-Lujain (etika rumah tangga) karya Syeikh Muhammad bin Umar An-Nawawi disebutkan bahwa salah satu dosa besar bagi seorang istri adalah apabila ia keluar rumah tanpa seijin suaminya. Kendati tujuannya untuk takziyah kepada orang tuanya yang meninggal dunia.

Ada satu kisah istri saleha pada zaman Rasulullah SAW diceritakan dalam Kitab Ihya 'Ulumuddin yang disusun Imam Al-Ghazali. Dikisahkan, seorang lelaki (suami) hendak bepergian. Sebelum berangkat ia meminta istrinya agar tidak turun dari tempatnya di bagian atas rumahnya. Sementara orang datang berada di tingkat bawah sedang sakit.



Perempuan itu mengutus seorang pembantunya menghadap Rasulullah SAW untuk meminta izin turun sebentar membesuk orang tuanya. Rasulullah SAW bersabda: "Taatilah suamimu. Jangan engkau turun."

Tidak begitu lama, orang tuanya meninggal dunia. Si istri itu mengirim utusan menghadap Rasulullah SAW untuk memohonkan izin, agar dirinya dapat menyaksikan jenazah orang tuanya. Kemudian Nabi SAW bersabda: "Taatilah suamimu".

Maka orang tuanya pun dikuburkan. Tidak begitu lama Rasulullah SAW mengutus seseorang untuk memberi tahu kepada perempuan itu bahwa Allah Ta'ala telah mengampuni dosa-dosa orang tuanya disebabkan ketaatannya kepada suaminya.

10 Nasihat Ibu kepada Putrinya:

Seorang Ibu memberi nasihat pada putrinya, ia berkata peliharalah sepuluh perbuatan ini, niscaya akan menjadi simpanan yang baik, yaitu:
1. Mudah menerima keadaan (qona'ah).
2. Berbakti dan mentaati suami.
3. Jadilah perempuan yang selalu didambakan dan dirindukan suami lantaran tatapan mata dan ciumannya.
4. Hendaklah kamu dalam keadan harum agar suamimu berkasih mesra denganmu.
5. Berilah perhatian ketika suamimu makan dan tidur.
6. Hendaklah kamu pandai-pandai memelihara harta suami.
7. Simpanlah rahasia keluarga suami dan jangan menyebarkannya.
8. Jangan menentang perintah suami.
9. Jangan menunjukkan kegembiraan di suami yang sedang bersedih.
10. Jangan berwajah cemberut di saat suamimu gembira.

Dalam satu hadits, Rasulullah SAW pernah bersabda: "Sesungguhnya seorang istri yang keluar rumah, sedangkan suaminya tidak menyukainya maka seluruh Malaikat melaknatinya. Demikian pula semua barang yang dilewatinya, selain jin dan manusia. Sehingga dirinya kembali dan bertaubat".
(rhs)
KOMENTAR
loading gif
cover top ayah
اِعۡلَمُوۡۤا اَنَّمَا الۡحَيٰوةُ الدُّنۡيَا لَعِبٌ وَّلَهۡوٌ وَّزِيۡنَةٌ وَّتَفَاخُرٌۢ بَيۡنَكُمۡ وَتَكَاثُرٌ فِى الۡاَمۡوَالِ وَالۡاَوۡلَادِ‌ؕ كَمَثَلِ غَيۡثٍ اَعۡجَبَ الۡكُفَّارَ نَبَاتُهٗ ثُمَّ يَهِيۡجُ فَتَرٰٮهُ مُصۡفَرًّا ثُمَّ يَكُوۡنُ حُطٰمًا‌ؕ وَفِى الۡاٰخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيۡدٌ ۙ وَّمَغۡفِرَةٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرِضۡوَانٌ‌ؕ وَمَا الۡحَيٰوةُ الدُّنۡيَاۤ اِلَّا مَتَاعُ الۡغُرُوۡرِ
Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sendagurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.

(QS. Al-Hadid:20)
cover bottom ayah
preload video