Refleksi Akhir Tahun MUI Jakpus, Ini Pesannya

Sabtu, 28 Desember 2019 - 15:11 WIB
Refleksi Akhir Tahun MUI Jakpus, Ini Pesannya
Refleksi Akhir Tahun MUI Jakpus, Ini Pesannya
A A A
Tahun 2020 tinggal hitungan hari. Para ulama di Jakarta Pusat (Jakpus) berkumpul melakukan muhasabah sekaligus merumuskan program kerja sebagai wujud khidmatnya kepada umat.

Dalam refleksi kali ini, para ulama yang bernaung dalam Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakpus menyoroti kemerosotan akhlak dan moral generasi muda. Selain itu, persoalan radikalisme negatif juga mendapat perhatian.

"Prinsip MUI adalah khidmatul ummat wal ulama, berkhidmat untuk umat dan ulama," kata Ketua MUI Jakarta Pusat, Ustaz Robi Fadhil Muhammad, dalam rapat kerja rapat dan refleksi akhir tahun yang digelar di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jumat siang (27/12/2019).

Ustaz Robi Fadhil mengatakan, MUI terus berupaya merumuskan program-program kerja yang dapat menyentuh dan dirasakan langsung manfaatnya oleh umat dan ulama. Salah satunya melakukan pemantapan paham akidah di masyarakat agar tidak terpengaruh paham liberal, fundamental atau radikalisme negatif.

Para ulama melihat bahwa pengaruh paham liberal dan radikalisme negatif ini menyebabkan terjadinya intoleransi dan terorisme. Inilah tugas besar para ulama untuk meluruskan paham akidah di tengah mayarakat.

"MUI juga akan konsern memperbaiki kemerosotan akhlak dan moral generasi muda di samping juga narkoba," ungkap Ustaz Robi Fadhil.

Kegiatan refleksi akhir tahun ini diikuti 150 peserta terdiri dari anggota MUI Jakpus, MUI kecamatan se-Jakpus, ormas Islam, pengurus dan anggota FKDM, Ganas Annar MUI Jakpus, dan tokoh masyarakat tokoh agama.
Refleksi Akhir Tahun MUI Jakpus, Ini Pesannya

Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengapresiasi kegiatan refleksi akhir tahun MUI Jakarta Pusat ini. "Saya bersyukur Alhamdulillah, kegiatan refleksi terus dilanjutkan oleh Ustaz Robi dari Ustaz Yusuf Aman. Ternyata kegiatan rekleksi betul-betul menjadi tempat silaturahmi bagi kita semua," ucapnya.

Menurutnya, dengan kegiatan seperti ini, antara ulama dan umaro tidak ada jarak, dan selalu berkumpul bahwa umat Islam menjadi penyejuk dan bersaudara menjaga akidah.

Acara ini dihadiri Sekretaris MUI DKI Jakarta Ustaz Yusuf Aman, Ketua FKUB Jakarta Pusat Ustadz Ali Rahmat, Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Susatyo Purnomo Condro, Pasiter Kasdim 0501 JPBS Mayor Kav Dwi Joko Purnomo, dan anggota DPRD DKI Jakarta Basri Baco.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3242 seconds (0.1#10.140)