11 Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak Menurut Islam

Selasa, 14 Januari 2020 - 16:02 WIB
11 Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak Menurut Islam
11 Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak Menurut Islam
A A A
Anak merupakan karunia Allah Ta'ala yang diamanahkan kepada setiap orang tua. Semua orang pasti mendambakan anak yang baik, saleh, pintar, sukses dan berbakti kepada orang tua. Karena itu, setiap orang tua dituntut agar mendidik anaknya penuh tanggung jawab.

Pengasuh Ponpes As-Shidqu Al-Habib Quraisy Baharun mengatakan, masa depan anak bergantung pada pola asuh dan pendidikan yang diberikan orang tuanya. Allah Ta'ala berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya Malaikat-Malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS At-Tahrim: 6).

Habib Quraisy bercerita bahwa baru-baru ini Beliau memperingati Haul ayahnya Al-Habib Gasim bin Ahmad Baharun. Beliau selain pendakwah, juga menjadi suami teladan dan ayah yang sangat menyayangi anak-anaknya.

"Kami waktu kecil juga sama seperti anak-anak lain, bermain, mengaji dan aktivitas lainnya seperti anak-anak seusia kami. Namun satu hal, Habib Qasim Baharun sangat tegas dalam urusan agama. Karena beliau lebih memprioritaskan ilmu agama pada kami semua," kata Habib Quraisy, Dai yang juga murid ulama besar Tarim Yaman, Habib Umar bin Hafiz ini.

Selain itu, Habib Quraisy menuturkan bahwa ayahnya mengajarkan puasa dan salat sejak kecil. Jangan pernah sekalipun kalian meninggalkan salat, jika kalian ingin baik kehidupan di dunia dan akhirat, maka perbaikilah salat kalian.

"Beliau juga mengajarkan istiqomah kepada kami untuk melaksanakan salat tahajjud. Selain mendoakan yang baik-baik untuk anaknya, Habib Gasim mendidik akhlak mulia terhadap anak-anaknya. Inilah yang sering dilupakan banyak orang tua," terang Habib Quraisy.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan bahwa maksud dari peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka adalah didiklah dan ajarkan kepada keluarga kalian hal-hal yang membuat mereka taat kepada Allah. Dan melarang mereka dari berbuat maksiat kepadaNya. Serta memperbanyak zikir agar Allah menyelamatkan mereka dari api neraka.

Maka dengan demikian memberikan pengetahuan agama terhadap anak merupakan tanggung jawab orang tua yang paling utama. Orang tua kelak akan dimintai pertanggungjawaban akan anaknya di hari kiamat sebelum seorang anak ditanya pertanggungjawabannya atas orang tua mereka.

Barangsiapa yang menyia-nyiakan dan tidak mendidik anak-anak mereka dengan hal yang bermanfaat dan membuat hidup mereka bahagia, maka sungguh mereka telah melakukan perbuatan yang sangat buruk.

11 Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak

1. Menjadi orang tua yang baik.
2. Memberikan nama yang bagus dan mulia untuk anak.
3. Memberikan air susu ibu kepada anak.
4. Mengajarkan agama kepada anak.
5. Memberi nafkah.
6. Memberi makanan halal.
7. Menikahkan anak dengan calon yang baik baginya.
8. Bersikap adil.
9. Mengkhitan anak-anaknya.
10. Memberi pendidikan yang baik.
11. Memberikan kasih sayang.

Apabila 11 kewajiban ini bisa penuhi para orang tua, maka kelak anak-anaknya akan menjadi anak yang baik dan saleh. Wallahu A'lam Bisshowab
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4222 seconds (0.1#10.140)