alexametrics

Merasa Berat untuk Tahajjud dan Puasa? Ini Penawarnya

loading...
Bangun malam untuk tahajjud dan berpuasa adalah dua amal yang sangat dicintai Allah dan Rasulullah SAW. Tidak semua orang bisa mengerjakan amalan mulia ini kecuali mereka yang diberi taufik dan hidayah.

Di kalangan umat muslim mungkin banyak yang merasa berat untuk mengerjakan Tahajjud dan puasa sunnah. Penyebabnya bisa jadi karena banyaknya dosa atau kurangnya motivasi dan tekad untuk beramal saleh.

Ulama besar dari Hadramaut Yaman, Al-Habib Umar bin Hafidz memberi solusi terkait masalah ini. Habib Umar berkata sebagaimana disampaikan oleh Al-Habib Quraisy Baharun, terkadang bangun malam (untuk salat tahajjud) dan puasa sunnah enggan dan malas, tetapi ingin memiliki derajat paling tinggi di surga.



"Masih ada kesempatan untuk mendapatkan ridha Allah dan menempati surga paling tinggi. Caranya perbanyaklah membaca salawat kepada Rasulullah dan disertai juga berdoa untuk bisa mengerjakan bangun malam (tahajjud) dan rajin berpuasa sunnah," kata Habib Umar.

Dengan memperbanyak bacaan salawat inilah Allah akan menurunkan rahmat-Nya kepada pembaca shalawat. Kalau orang mendapatkan rahmat Allah, maka ia akan mudah sekali bangun malam dan puasa sunnah.

Syeikh Ibnu 'Athaillah As-Sakandari berkata tentang keutamaan membaca salawat: "Barangsiapa yang luput kepadanya banyak puasa sunnah dan bangun malam maka hendaklah ia menyibukkan dengan membaca salawat kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW)."

Karena sesungguhnya jika engkau mengerjakan semua ketaatan sepanjang masa usiamu, kemudian Allah bersalawat (memberikan rahmat) kepadamu dengan satu kali salawat. Maka lebih berat satu salawat dari Allah itu dibandingkan setiap ketaatan yang engkau kerjakan di sepanjang usiamu.

"Sesungguhnya engkau bersalawat menurut kadar kekuatanmu, sedangkan Allah bersalawat (memberikan rahmat) kepadamu menurut kadar Ketuhanan dan Kedermawanan-Nya," demikian pesan Ibnu 'Athoillah.
(rhs)
KOMENTAR
loading gif
cover top ayah
اِنَّ الۡاِنۡسَانَ خُلِقَ هَلُوۡعًا ۙ‏
Sesungguhnya, manusia diciptakan dengan sifat suka mengeluh.

(QS. Al-Ma'arij:19)
cover bottom ayah
preload video