30 Hari Jelang Ramadhan, Begini Cara Menyambutnya Diajarkan Nabi

Selasa, 24 Maret 2020 - 08:15 WIB
30 Hari Jelang Ramadhan, Begini Cara Menyambutnya Diajarkan Nabi
30 Hari Jelang Ramadhan, Begini Cara Menyambutnya Diajarkan Nabi
A A A
Hari ini Selasa (24/3/2020) kita telah berada di pengujung bulan Rajab yaitu tanggal 29 Rajab 1441 Hijriyah. 1 Sya'ban 1441 Hijriyah jatuh pada Kamis tanggal 26 Maret 2020. Dengan demikian, bulan suci Ramadhan tinggal 30 hari lagi sejak hari ini.

Untuk diketahui 1 Ramadhan insya Allah jatuh pada hari Jumat 24 April 2020. Sedangkan Nishfu Sya'ban (15 Sya'ban) jatuh pada Kamis 9 April 2020. Apa persiapan kita untuk menyambut bulan Ramadhan yang agung?

Bergembiralah Menyambut Ramadhan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu (RA), Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda:

ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ

"Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu neraka (Jahim) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi." (HR. Ahmad dalam Al-Musnad 2/385, HR. An-Nasai)

Perbanyak Istighfar dan Sucikan Hati
Ulama Salaf Abu Bakar Al-Warroq Al-Balkhi rahimahullah berkata: "Bulan Rajab adalah bulan untuk menanam, bulan Sya'ban adalah bulan menyirami tanaman, dan bulan Ramadhan adalah bulan panen tanaman tersebut".

Rasulullah SAW menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita. Beliau menyiapkan diri dengan banyak berdoa dan menghidupkan istighfar. Ketika masuk bulan Sya'ban beliau menghidupkannya dengan berpuasa.

Dari Sayyidah Aisyah RA, ia berkata, "Aku sama sekali belum pernah melihat Rasulullah berpuasa dalam satu bulan sebanyak puasa yang beliau lakukan di bulan Sya'ban, di dalamnya beliau berpuasa sebulan penuh." Dalam riwayat lain, "Beliau berpuasa di bulan Sya’ban, kecuali sedikit hari." (HR. Muslim).

Dari Usamah bin Ziyad, ia berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah , 'Wahai Rasulullah, Aku tidak melihatmu banyak berpuasa seperti di bulan Sya'’ban? Beliau menjawab, 'Sya’ban adalah bulan yang dilupakan manusia, letaknya antara Rajab dan Ramadhan. Di bulan itu amal manusia diangkat (ke langit) oleh Allah dan aku menyukai saat amal diangkat aku dalam keadaan berpuasa." (HR. An-Nasai).

Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan , umat Islam dianjurkan memperbanyak istighfar dan bertobat. Amalan ini dimaksudkan untuk membersihkan hati menjelang datangnya bulan Ramadhan. Selain itu, menyiapkan diri secara fisik dengan menjaga kesehatan tubuh.

Doa yang dianjurkan selama bulan Rajab dan Sya'ban:
اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allohumma baarik lanaa fii Rojaba wa Sya'banaa wa ballighnaa Romadhona.

Artinya:
Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikan kami pada bulan Romadhon.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2985 seconds (0.1#10.140)