10 Manfaat Salawat kepada Nabi Muhammad SAW

loading...
10 Manfaat Salawat kepada Nabi Muhammad SAW
10 Manfaat Salawat kepada Nabi Muhammad SAW
Bersalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) merupakan amalan yang sangat dicintai Allah Ta'ala dan Rasulullah SAW. Bahkan para Malaikat senantiasa mendoakan orang-orang yang bersalawat kepada baginda Nabi SAW.

Menurut Al-Habib Ahmad bin Novel Jindan (pengasuh Yayasan Al Hawthah Al Jindaniyah), orang yang membiasakan diri mengucapkan salawat dan salam itu tahu dan percaya, bahwa itu berasal dari Nabi SAW, namun ia tidak yakin bahwa itu merupakan ibadah sunnah atau masyru'ah (disyariatkan oleh agama), itu tidak apa-apa.

Banyak di antara kaum Salaf yang mengamalkan zikir dengan ucapan salawat dan salam kepada Rasulullah SAW . Ibnu Masud radhiallahu 'anhu menuturkan, bahwasanya Rasulullah pernah berkata kepada Zaid bin Wahb: "Hai Zaid bin Wahb, bila hari Jumat tiba hendaklah engkau mengucapkan shalawat kepada Nabi seribu kali. Ucapkanlah 'Allahumma sholli 'ala Muhammad an-Nabiyyil-Ummiyyi."

Di bawah ini diuraikan dengan ringkas manfaat yang didapat dari bersalawat yang banyak disebut oleh para ulama, khususnya Al-Allamah Ibnul-Qayyim dan Al-Hafiz Ibnu' Hajar Al-Haitsami:

1. Mematuhi perintah Allah Ta'ala.

2. Bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW merupakan perintah Allah (di dalam Alquran), meskipun berbeda makna antara salawat yang dari kita (umat Nabi) dan salawat dari Allah. Salawat kita berarti doa dan permohonan, sedangkan salawat dari Allah berarti pujian dan pemuliaan.



3. Sesuai dengan apa yang dilakukan oleh para Malaikat.

4. Orang yang bersalawat satu kali mendapat balasan sepuluh shalawat dari Allah Ta'ala.

5. Orang yang bersalawat mendapat peningkatan derajat sepuluh kali.
halaman ke-1
cover top ayah
اَللّٰهُ الَّذِىۡۤ اَنۡزَلَ الۡكِتٰبَ بِالۡحَقِّ وَالۡمِيۡزَانَ‌ؕ وَمَا يُدۡرِيۡكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ قَرِيۡبٌ
Allah yang menurunkan Kitab (Al-Qur'an) dengan (membawa) kebenaran dan neraca (keadilan). Dan tahukah kamu, boleh jadi hari Kiamat itu sudah dekat?

(QS. Asy-Syura:17)
cover bottom ayah
preload video