alexametrics

10 Manfaat Salawat kepada Nabi Muhammad SAW

loading...
10 Manfaat Salawat kepada Nabi Muhammad SAW
10 Manfaat Salawat kepada Nabi Muhammad SAW
Bersalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) merupakan amalan yang sangat dicintai Allah Ta'ala dan Rasulullah SAW. Bahkan para Malaikat senantiasa mendoakan orang-orang yang bersalawat kepada baginda Nabi SAW.

Menurut Al-Habib Ahmad bin Novel Jindan (pengasuh Yayasan Al Hawthah Al Jindaniyah), orang yang membiasakan diri mengucapkan salawat dan salam itu tahu dan percaya, bahwa itu berasal dari Nabi SAW, namun ia tidak yakin bahwa itu merupakan ibadah sunnah atau masyru'ah (disyariatkan oleh agama), itu tidak apa-apa.

Banyak di antara kaum Salaf yang mengamalkan zikir dengan ucapan salawat dan salam kepada Rasulullah SAW. Ibnu Masud radhiallahu 'anhu menuturkan, bahwasanya Rasulullah pernah berkata kepada Zaid bin Wahb: "Hai Zaid bin Wahb, bila hari Jumat tiba hendaklah engkau mengucapkan shalawat kepada Nabi seribu kali. Ucapkanlah 'Allahumma sholli 'ala Muhammad an-Nabiyyil-Ummiyyi."



Di bawah ini diuraikan dengan ringkas manfaat yang didapat dari bersalawat yang banyak disebut oleh para ulama, khususnya Al-Allamah Ibnul-Qayyim dan Al-Hafiz Ibnu' Hajar Al-Haitsami:

1. Mematuhi perintah Allah Ta'ala.

2. Bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW merupakan perintah Allah (di dalam Alquran), meskipun berbeda makna antara salawat yang dari kita (umat Nabi) dan salawat dari Allah. Salawat kita berarti doa dan permohonan, sedangkan salawat dari Allah berarti pujian dan pemuliaan.

3. Sesuai dengan apa yang dilakukan oleh para Malaikat.

4. Orang yang bersalawat satu kali mendapat balasan sepuluh shalawat dari Allah Ta'ala.

5. Orang yang bersalawat mendapat peningkatan derajat sepuluh kali.

6. Baginya dicatat sepuluh kebajikan.

7. Dihapus sepuluh amal keburukannya.

8. Doanya dapat diharap akan terkabul, karena salawat akan memanjatkan doanya dan menghadapkannya kepada Allah Rabbul-'alamin. Sebelum orang yang berdoa bersalawat lebih dahulu, doanya berhenti terkatung-katung di antara bumi dan langit.

9. Dapat menjadi sarana untuk mendapat syafaat Nabi jika salawat itu disertakan doa mohon wasilah, atau diucapkan tersendiri.

10. Salawat merupakan sarana untuk memperoleh ampunan dari dosa.

Sumber:
Terjemah Syaraf Al-Ummah Al-Muhammadiyyah karya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hassani.
(rhs)
cover top ayah
وَ اِذۡ اَخَذَ رَبُّكَ مِنۡۢ بَنِىۡۤ اٰدَمَ مِنۡ ظُهُوۡرِهِمۡ ذُرِّيَّتَهُمۡ وَ اَشۡهَدَهُمۡ عَلٰٓى اَنۡفُسِهِمۡ‌ ۚ اَلَسۡتُ بِرَبِّكُمۡ‌ ؕ قَالُوۡا بَلٰى‌ ۛۚ شَهِدۡنَا ‌ۛۚ اَنۡ تَقُوۡلُوۡا يَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ اِنَّا كُنَّا عَنۡ هٰذَا غٰفِلِيۡنَ
Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap roh mereka (seraya berfirman), "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab, "Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi." (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari Kiamat kamu tidak mengatakan, "Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini. (keEsaan Tuhan)".

(QS. Al-A’raf:172)
cover bottom ayah
preload video
KOMENTAR
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak