Pesan Nabi: Perbanyaklah Bersalawat Atasku di Hari Jumat

Jum'at, 03 Juli 2020 - 00:22 WIB
loading...
Pesan Nabi: Perbanyaklah Bersalawat Atasku di Hari Jumat
Makam Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam di Masjid Nabawi Kota Madinah. Salah satu amalan yang dianjurkan beliau pada hari Jumat adalah memperbanyak Salawat. Foto/Ist
A A A
Salawat atas Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) merupakan ibadah yang diperintahkan langsung oleh Allah Ta'ala kepada orang beriman sebagaimana diabadikan dalam Al-Qur'an: "Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab ayat 56)

Tentang keutamaan salawat ini, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan umatnya agar memperbanyak salawat terutama di malam Jumat dan hari Jumat. Beliau SAW bersabda:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

"Perbanyaklah salawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena salawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bersalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari Kiamat nanti". (HR. Al-Baihaqi). ( )

Ulama besar Hadhramaut Yaman Al-Habib Umar bin Hafizh mengatakan, kadang-kadang bangun malam (untuk salat Tahajjud) dan puasa sunnah malas, tapi derajat di surga ingin paling tinggi. Namun kita yang malas bangun malam dan puasa sunnah masih ada kesempatan untuk mendapatkan ridha Allah Ta'ala dan menempati surga paling tinggi.

"Caranya perbanyaklah membaca salawat kepada Rasulullah dan disertai juga berdoa untuk bisa mengerjakan bangun malam dan puasa sunnah. Dengan memperbanyak bacaan salawat inilah Allah akan menurunkan rahmat-Nya kepada pembaca salawat. Kalau orang mendapatkan rahmat Allah, maka ia akan mudah sekali bangun malam dan puasa sunnah," kata beliau. ( )

Syeikh Ibnu 'Athaillah As-Sakandari berkata tentang keutamaan membaca salawat :

Barangsiapa yang luput kepadanya banyak puasa sunnah dan bangun malam. Maka hendaklah ia menyibukkan dengan membaca salawat kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Karena sesungguhnya jika engkau mengerjakan semua ketaatan sepanjang masa usiamu, kemudian Allah bersalawat (memberikan rahmat) kepadamu dengan satu kali salawat. Maka lebih berat satu shalawat dari Allah itu dibandingkan setiap ketaatan yang engkau kerjakan di sepanjang usiamu.

Karena sesungguhnya engkau bersalawat menurut kadar kekuatanmu, sedangkan Allah bersalawat (memberikan rahmat) kepadamu menurut kadar Ketuhanan dan Kedermawanan-Nya.

Demikian keutamaan bersalawat dan perintah untuk menghidupkannya di hari Jumat. Semoga kita mendapat taufik agar dimasukkan ke dalam golongan ahli salawat . ( )

ﺍَﻟﻠﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻝِ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)