Ibu Kaum Mukmin, Gus Baha: Kita Berutang Banyak kepada Sayyidah Aisyah

loading...
Ibu Kaum Mukmin, Gus Baha: Kita Berutang Banyak kepada Sayyidah Aisyah
Ibu Kaum Mukmin, Gus Baha: Kita Berutang Banyak kepada Sayyidah Aisyah
RAIS Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU), KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha menjelaskan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa salam (SAW) menikahi Aisyah radhiyallahu 'anha (RA) atas perintah Allah Subhanahu wa Taala (SWT). Nabi mendesain Aisyah karena cerdas. Umat Islam berutang jasa kepada Aisyah.

"Aisyah telah mendokumentasikan banyak hadis tentang perempuan," kata Gus Baha lewat saluran Youtube NU Online, Senin (6/4/2020).

Menurutnya, itu adalah salah satu hikmah Nabi SAW menikahi Sayyidah Aisyah. Berapa banyak riwayat hadis yang kita dapatkan dari Sayyidah Aisyah. "Kita terima kasih sekali kepada Ibu Orang Mukmin Sayyidah Aisyah," ujarnya.

Hadis-hadis yang sifatnya "pribadi" diriwatkan oleh Aisyah. "Misalnya begini," kata Gus Baha, "Jumlah air yang kita pakai mandi berapa? Jumlah air musta'mal itu kayak apa?"



Menurutnya, musta'mal di fiqih itu terlalu ekstrim. Ambil contoh, musta'mal di fiqih wudhu misalnya, cipratan air dari wajah kena tangan yang sudah dipakai mengambil air kok cipratannya banyak, ini dianggap berubah, karena musta'mal sehingga harus dibuang. Tapi kata Aisyah, itu tidak apa-apa.

"Tangan kita saling bergantian dengan Nabi di wadah yang satu," kata Aisyah. Maknanya, menurut Gus Baha, semua orang pasti yakin: tetesan air musta'mal pasti jatuh lagi ke wadah tadi. "Ya, sudah akhirnya kita tahu cara mandi junub," katanya.

Gus Baha bercerita. Suatu ketika ada istri Nabi yang lain, yang agak tua, ditanya sahabat: "Ya, Ummal Mukminin, saya itu punya istri cantik, mencium istri itu membatalkan puasa apa tidak?"



Istri Nabi itu menjawab, "Jangan tanya aku, soalnya Nabi kalau denganku pas puasa tak pernah mencium. Tanyalah ke Aisyah".
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
وَمِنَ الَّيۡلِ فَاسۡجُدۡ لَهٗ وَسَبِّحۡهُ لَيۡلًا طَوِيۡلًا
Dan pada sebagian dari malam, maka bersujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.

(QS. Al-Insan:26)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video