Ramadan momentum hidupkan aktivitas Masjid

Selasa, 31 Juli 2012 - 09:40 WIB
Ramadan momentum hidupkan aktivitas Masjid
Ramadan momentum hidupkan aktivitas Masjid
A A A
Sindonews.com - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, Ramadan adalah momentum bagi kaum muslim menghidupkan suasana ibadah di masjidmasjid dan musala-musala.

”Adalah kewajiban dan harus jadi keinginan kita untuk selalu memakmurkan masjid sebagai rumah Allah,” ujar Kalla saat menjadi penceramah tarawih di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta.

Kalla yang juga Ketua Majelis Masjid se-Indonesia ini menjelaskan, sebenarnya kesempatan memakmurkan masjid sangat terbuka karena Indonesia adalah negara yang memilik masjid terbanyak di dunia.

Hal ini tidak perlu dihitung karena Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. ”Di Jakarta saja jumlah masjid hampir 100.000. Di seluruh Indonesia bisa 600.000. Masjid bahkan ada di kantor, permukiman, dan seterusnya,” ungkap Kalla.

Kalla menjelaskan, inti dan makna memakmurkan masjid ada dua hal, yakni meningkatkan kualitas ibadah. Kita datang ke masjid untuk ibadah, salat, puasa, dan zakat.

Selain itu, memakmurkan juga melindungi rumah Allah dengan melakukan kegiatankegiatan positif, hingga menjalankan fungsi kemasyarakatan melalui masjid.

”Kegiatan kemasyarakatan, pertemuan silaturahmi, layanan kesehatan, pernikahan, pendidikan, juga bisa dilakukan di masjid. Ini artinya memakmurkan masjid,” terangnya.

Dengan memakmurkan masjid, ada makna besar yang akan didapat,yakni akan tergapainya kemakmuran masjid. Pasalnya, yang paling lemah di antara umat adalah apabila umat yang makmur sangat sedikit dibandingkan yang melarat.

”Sekarang kan kita kalau mau zakat antre luar biasa. Kenapa ini terjadi? Sebab jauh lebih banyak orang yang minta zakat dibandingkan yang memberikan zakat. Artinya, ekonomi nasional yang katanya maju belum sebanding lurus dengan keimanan dan kesadaran berzakat, makanya memakmurkan umat menjadi perlu dilakukan,” tegasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3984 seconds (0.1#10.140)