Pasar tumpah biang kemacetan di Pantura

Selasa, 07 Agustus 2012 - 10:42 WIB
Pasar tumpah biang kemacetan di Pantura
Pasar tumpah biang kemacetan di Pantura
A A A
Sindonews.com - Menjelang arus mudik Lebaran, sejumlah pasar tumpah yang berada di jalur Demak Jawa Tengah diprediksi menjadi biang kerok kemacetan. Diimbau agarpemudik berhati-hati saat melewati pasar tumpah tersebut.

Dari pantauan di lapangan, ada sekira lima titik pasar tumpah yang harus diwaspadai. Karna selain terjadi keramaian, tempat tersebut juga kerap dijadikan 'terminal bayangan' bagi bus antar kota. Tanpa memperdulikan arus di jalan terebut, sejumla awak bus antar kota seenaknya menaikan dan menurunkan penumpang.

Beberpa titik rawan kemacetan yang harus diwaspadai meliputi Passar Tumpah Sayung, Gajah, dan Karanganyar. Sementara dibagian Demak Selatan, terdapat Pasar Mranggen dan Karangawen yang konisinya selalu macet sejk pagi hingga sore.

Banyaknya mayrakat yang lalu lalang untuk berbelanja membuat arus lalulinta menjadi terganggu. Hal itu diperparah dengan banyaknya bus yang ngetem dan menurunkan penumpang sembarangan. Padahal sudah ada rambu larangan berhenti ditempat tersebut, namun tampaknya awak bus tak menggubrisnya.

Menurut Kaubag Humas Polres Demak AKP Sutomo, polisi akan menertibkan lalu lintas di titik rawan macet tersebut mulai H-7 lebaran. Polisi akan membatasi waktu bus menunggu penumpang dan semua bus dilarang berhenti di depan pasar. "Untuk memantau arus, kami akan dirikan pos pengamanan yang lokasinya tak jauh dari titik macet," katanya, Selasa (7/8/2012).
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8260 seconds (0.1#10.140)