Lembang di serbu wisatawan luar Bandung

Selasa, 21 Agustus 2012 - 12:28 WIB
Lembang di serbu wisatawan luar Bandung
Lembang di serbu wisatawan luar Bandung
A A A
Sindonews.com - Salah satu tempat wisata yang kerap kali dikunjungi oleh wisatawan dari luar, maupun dalam Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) adalah Lembang. Suasana yang alami, dan masih asli menjadi daya tarik liburan.

Akibat banyaknya para pengunjung serta markir kendaraannya di bahu Jalan Raya Lembang, maka efeknya menjadi Jalan tersebut macet parah.

Menurut pantauan di lokasi, kebanyakan mobil yang melintas serta parkir di Lembang dari luar Kota Bandung, seperti pelat B atau Jakarta, pelat F atau Bogor, dan pelat luar Bandung lainnya.

Para petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat dan kepolisian harus kerja keras menghadapi derasnya arus kendaraan, yang sekedar melintas ataupun berkungjung ke Lembang.

Saat ini, Jalan Raya Lembang diberlakukan sistem buka tutup jalur. Sistem ini dimulai dari Jalan Grand Hotel, hingga Jalan Raya Lembang pertigaan Jalan Kolonel Masturi (Pertigaan Beatrix) bagi kendaraan yang menuju Bandung.

Sementara bagi kendaraan dari Bandung yang menuju Lembang, buka tutup dilakukan dari Pertigaan Beatrix, baik yang dari arah Bandung menggunakan Jalan Raya Lembang, atau arah Bandung menggunakan Jalan Kolonel Masturi atau menuju Parongpong.

Dengan diberlakukannya buka tutup jalur itu, bertujuan untuk mengatur jalur lalu lintas di jalan tersebut menjadi lancar.

Para Petugas Dishub di Posko Lebaran yang berada di perbatasan dengan Grand Hotel Lembang dan Jalan Raya Lembang, meneriakan informasi kepada pengendara tentang pemberlakuan buka tutup jalur tersebut.

"Silahkan pakai lajur kanan! Pakai jalur kanan!" teriak seorang petugas Dishub KBB, mengingat terjadi kepadatan di lajur kiri, ketika sistem satu jalur dibuka dari arah Lembang menuju Bandung, Selasa (21/8/2012) sekira pukul 09.00 WIB.

Kemacetan cukup parah terjadi untuk kendaraan yang dari arah Bandung menuju Lembang, dari Pertigaan Beatrix yang mengekor hingga perbatasan Jalan Raya Lembang dengan Jalan Setiabudi atau batas Kota Bandung. Diperkirakan panjang kemacetan mencapai lima kilometer.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4618 seconds (0.1#10.140)