Bandara Polonia dipadati TKI

Minggu, 26 Agustus 2012 - 15:12 WIB
Bandara Polonia dipadati TKI
Bandara Polonia dipadati TKI
A A A
Sindonews.com - Bandara Polonia Medan dipadati para penumpang pesawat yang hendak kembali usai merayakan liburan Idul Fitri 1433 H. Selain itu, para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mulai berangkat kembali ke negara tempat mereka bekerja.

Sejak H+3 ratusan TKI mulai berangsur-angsur meninggalkan Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) usai merayakan lebaran tahun ini. Umumnya para TKI ini merupakan TKI yang bekerja di Malaysia. Mereka yang bekerja di pabrik-pabrik atau biasa mereka sebut kilang dan sektor formal lainnya melalui penyalur tenaga kerja rata-rata mendapatkan cuti lebaran berkisar lima sampai tujuh hari.

"Libur sudah habis, saya harus kembali bekerja di Malaysia," ujar Ernawati, salah seorang TKI saat ditemui di Bandara Polonia, Minggu (26/8/2012).

Petugas Balai Pelayanan Penempatan Dan Perlindungan TKI (BNP3TKI) Sumut zulkarnaen Harahap mengatakan sebelum meninggalkan Medan, para petugas BP3TKI Sumut melakukan pendataan terhadap para TKI dengan memberikan kartu tanda tenaga kerja luar negeri.

Menurut Zulkarnaen, selama arus balik sekitar 150 TKI dalam perhari menĂ­nggalkan Medan melalui terminal keberangkatan internasional Bandara Polonia Medan.

"Jumlah tersebut akan terus mengalami peningkatan hingga September. Ini disebabkan para TKI balik ke luar negeri berbeda waktu. Ada yang satu minggu ada juga yang hingga sebulan," paparnya.

Sementara itu guna mendata para TKI tersebut, BP3TKI Sumut menambah personelnya untuk kembali mendata para TKI yang akan berangkat ke luar negeri melalui terminal keberangkatan internasional Bandara Polonia Medan.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4608 seconds (0.1#10.140)