Mudik Lebaran, Dinkes Kulonprogo siagakan 13 Puskesmas

Minggu, 28 Juli 2013 - 14:14 WIB
Mudik Lebaran, Dinkes Kulonprogo siagakan 13 Puskesmas
Mudik Lebaran, Dinkes Kulonprogo siagakan 13 Puskesmas
A A A
Sindonews.com - Untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini, Dinas Kesehatan Kulonprogo menyiagakan 13 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang akan dibuka selama 24 jam. Ke-13 puskesmas efektif beroperasi pada H-7 hingga H+7 lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Bambang Haryatno mengatakan, puskesmas yang disiagakan selama arus mudik dan balik berada di daerah rawan kecelakaan, rawan bencana, objek wisata, serta puskesmas yang berada di sepanjang jalur mudik.

“Semuanya ada 13 puekesmas dan akan efektif beroperasi selama 24 jam mulai 1 Agustus atau H-7 hingga 15 Agustus atau H+7,” kata Bambang, Minggu (28/7/2013).

Di antara 13 puskesmas yang disiagakan adalah Puskesmas Temon I, Temon II, Sentolo I, dan Sentolo II, Samigaluh I, Galur I, Galur II, Girimulyo II, Kalibawang dan Panjatan.

Untuk perbatasan Purworejo-Kulonprogo hingga Koramil Temon akan menjadi tanggung jawab Puskesmas Temon II. Dari Koramil hingga Demen menjadi tanggung jawab Puskesmas Temon I.

Kemudian dari Siluwok hingga Terminal Wates menjadi tanggung jawab Puskesmas Wates, dan dari Terminal Wates hingga Tugu Pensil Pengasih menjadi tanggung jawab Puskemas Wates, dan RS Kharimasma. Berikutnya, dari Tugu Pensil hingga simpang tiga Ngeseng, Sentolo menjadi tanggung jawab Puskesmas II Sentolo, dan Ngeseng ke Bantar menjadi tanggung jawab Puskesmas I Sentolo.

"Ada tiga petugs di setiap puskesmas yang siap melayani. Petugas puskesmas yang tidak masuk dalam
daftar siaga 24 jam, diperbantukan untuk posko kesehatan di Terminal Wates," katanya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7065 seconds (0.1#10.140)