Mudik bukan hanya pulang kampung

Minggu, 04 Agustus 2013 - 21:01 WIB
Mudik bukan hanya pulang kampung
Mudik bukan hanya pulang kampung
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Nasaruddin Umar mengatakan, ada dua hal yang berkaitan dengan mudik. Pertama ialah, mudik secara biologis yaitu mudik pulang kampung.

Selain itu juga menziarahi dan menengok rumah yang dulunya menjadi tempat berlindung bersama ayah dan ibu. Kedua, mudik yang sebenarnya pulang kembali kepada Allah dengan kembali ke rohanian dan fitrah.

"Jadi bukan hanya pulang kampung makna Lebaran, tetapi spiritual juga harus dibersihkan," ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (4/8/2013).

Nasaruddin menjelaskan, mudik bukan hanya dijadikan seremonial belaka. Namun, di balik itu ada makna yang menjadikan mudik sudah mendarah daging dan rutin dilakukan. "Kita lihat manfaatnya banyak selain bersilahturahmi, mudik juga bisa menjadi refreshing dari padatnya kota yang macet," tegasnya.

Begitu juga dengan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Ali Gufron mengatakan, walaupun mudik hanya setahun sekali tetapi suasana tersebut sangat dirindukan. Menurut dia, bisa dibayangkan suasana kumpul keluarga dengan suasana yang berbeda menjadi hal yang mahal. "Kumpul keluarga kan tidak setiap hari, suasana hari raya menjadikan banyak masyarakat untuk dapat pergi ke Desa," katanya.

Ali mengatakan, hari raya menjadikan satu kebahagian tersendiri untuk dapat merayakan kemenagan bersama-sama. "Malah banyak masyarakat menggunakan pakaian baru yang menandakan bahwa Hari Raya Idul Fitri dijadikan sesuatu yang baru dan baik," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6316 seconds (0.1#10.140)