Doa yang Dibaca Nabi Muhammad SAW ketika Melihat Makanan yang Dihidangkan

Senin, 15 Mei 2023 - 12:08 WIB
Rasulullah SAW tidak makan makanan yang masih panas. Foto/Ilustrasi: fnbbuzz
Doa yang dibaca oleh Nabi SAW ketika melihat makanan dihidangkan dan sudah tersaji di hadapan beliau, adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا نِعْمَةً مَشْكُوْرَةً تَصِلُ بهِاَ نِعْمَةَ اْلجَنَّةِ


Bismillah. Allahummaj’alhaa ni’matan masykuurotan tashilu bihaa ni’matal jannati.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah, jadikan makanan dihidangkan ini sebagai nikmat yang disyukuri yang bisa mengantarkan pada kenikmatan surga.

Doa ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumiddin bahwasannya Nabi Saw senantiasa makan makanan yang ada, dan ketika makanan dihidangkan, beliau mengucapkan; Bismillah. Allahummaj’alhaa ni’matan masykuurotan tashilu bihaa ni’matal jannati.



Beliau tidak makan makanan yang masih panas, dan beliau bersabda: "Sesungguhnya Allah tidak memberi kita makanan api, maka hendaknya kalian mendinginkannya. Beliau makan apa yang ada di hadapannya."

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
cover top ayah
لَا تَحۡسَبَنَّ الَّذِيۡنَ يَفۡرَحُوۡنَ بِمَاۤ اَتَوْا وَّيُحِبُّوۡنَ اَنۡ يُّحۡمَدُوۡا بِمَا لَمۡ يَفۡعَلُوۡا فَلَا تَحۡسَبَنَّهُمۡ بِمَفَازَةٍ مِّنَ الۡعَذَابِ‌ۚ وَلَهُمۡ عَذَابٌ اَ لِيۡمٌ
Jangan sekali-kali kamu mengira bahwa orang yang gembira dengan apa yang telah mereka kerjakan dan mereka suka dipuji atas perbuatan yang tidak mereka lakukan, jangan sekali-kali kamu mengira bahwa mereka akan lolos dari azab. Mereka akan mendapat azab yang pedih.

(QS. Ali 'Imran Ayat 188)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More