7 Fakta Keistimewaan Fatimah Az-Zahra di Mata Rasulullah SAW

Minggu, 21 Mei 2023 - 18:00 WIB
Kemudian Rasulullah ﷺ mendudukkan Fatimah di samping beliau sholallahu 'alaihi wasallam.

5. Menjadi Sebab Cinta dan Bencinya Rasulullah SAW

Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

فَإِنَّمَا هِيَ بَضْعَةٌ مِنِّي، يُرِيبُنِي مَا أَرَابَهَا، ‌وَيُؤْذِينِي ‌مَا ‌آذَاهَا

"Sesungguhnya Fatimah adalah bagian dari diriku. Akan menggembirakanku apa yang menggembirakannya dan juga akan menyakitiku apa yang menyakitinya." (HR Al-Bukhari)

Kalimat di atas diucapkan oleh Rasulullah ﷺ ketika mendengar Sayyidina Ali akan menikah dengan salah satu putri Abu Jahal. Beliaupun mengingatkan Sayidina Ali radhiyallahu 'anhu agar tidak menyakiti perasaan putrinya.

6. Didoakan Secara Khusus Oleh Nabi Muhammad SAW

Rasulullah ﷺ pernah memandang Ali, Fatimah, Hasan dan Husain kemudian beliau bersabda:

أَنَا حَرْبٌ لِمَنْ حَارَبَكُم، سِلْمٌ لِمَنْ سَالَمَكُم

"Aku menyatakan permusuhan kepada siapapun yang memusuhi kalian, dan aku berdamai dengan siapapun yang berdamai dengan kalian." (HR Ahmad)

7. Fatimah dan Keluarganya Adalah Ahli Kisa' (Selimutnya Nabi)

Rasulullah ﷺ pernah memeluk dan menyelimuti dengan sebuah kain burdah putri beliau fatimah, ali dan dua putra mereka al hasan dan al husain lalu beliau berdoa:

اللَّهُمَّ هَؤُلَاءِ أَهْلُ بَيْتِي، اللَّهُمَّ فَأَذْهِبْ عَنْهُمُ الرِّجْسَ، وَطَهِّرْهُم تَطْهِيْراً


"Ya Allah, mereka ini semua adalah ahli baitku. Ya Allah jauhkan mereka dari kekotoran. Dan sucikan mereka dengan sesuci-sucinya." (HR Hakim)

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Follow
cover top ayah
قُلۡ اُوۡحِىَ اِلَىَّ اَنَّهُ اسۡتَمَعَ نَفَرٌ مِّنَ الۡجِنِّ فَقَالُوۡۤا اِنَّا سَمِعۡنَا قُرۡاٰنًاعَجَبًا (١) يَّهۡدِىۡۤ اِلَى الرُّشۡدِ فَاٰمَنَّا بِهٖ‌ ؕ وَلَنۡ نُّشۡرِكَ بِرَبِّنَاۤ اَحَدًا (٢) وَّاَنَّهٗ تَعٰلٰى جَدُّ رَبِّنَا مَا اتَّخَذَ صَاحِبَةً وَّلَا وَلَدًا (٣)
Katakanlah (Muhammad), Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan (bacaan), lalu mereka berkata, Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan (Al-Qur'an), (yang) memberi petunjuk kepada jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan sesuatu pun dengan Tuhan kami, dan sesungguhnya Mahatinggi keagungan Tuhan kami, Dia tidak beristri dan tidak beranak.

(QS. Al-Jinn Ayat 1-3)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More