Kisah Jepang Menjadi Rumah bagi 230.000 Muslim

Sabtu, 01 Juli 2023 - 06:56 WIB


Salah satu kemungkinan studi kasus terkait hal itu adalah Marliza Madung, 30 tahun, yang pindah ke kota Kobe, sebelah barat Osaka, pada tahun 2011 setelah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Malaysia untuk belajar Bioteknologi di Universitas Osaka.

Madung, yang berasal dari Sabah di wilayah Malaysia di Kalimantan, mengatakan dia percaya koeksistensi adalah inti dari masyarakat yang harmonis.

Dia mempelajari bahasa Jepang dalam kursus intensif selama dua tahun sebelum pindah ke negara tersebut. Ketertarikannya pada budaya Jepang telah meluas hingga mencakup topik-topik bernuansa etiket yang terlibat dalam memberi dan menerima kartu nama, dan cara menulis email.

"Saya menunjukkan kepada atasan saya bagaimana saya bisa beradaptasi dengan gaya kerja orang Jepang dengan berkomunikasi dan menulis dalam bahasa Jepang, dengan mempelajari tata krama bisnis mereka yang sangat sopan dan untuk membuktikan bahwa meski dengan perbedaan budaya, saya masih bisa belajar dan beradaptasi dengan baik", ujarnya. "Sebagai imbalannya, bos saya selalu memberi saya waktu untuk salat, dan membiarkan saya berlibur selama hari raya Idul Fitri".

Mengembangkan Relasi

Kampung halaman angkat Madung, Kobe, juga menjadi rumah bagi masjid pertama Jepang, yang dibangun pada tahun 1935. Masjid utama Tokyo dibangun tiga tahun kemudian oleh Turk-Tatar pada tahun 1938 dan kemudian dibangun kembali sebagai Tokyo Camii pada tahun 2000.



Sebagian besar tenaga kerja migran Jepang berasal dari negara tetangga, seperti China, Vietnam, Kamboja, namun kehadiran mereka tidak membantu menghentikan efek populasi yang menua.

Dengan jatuhnya Kekaisaran Ottoman, orang Turki melakukan perjalanan melintasi Asia sebagai pelancong dan pedagang untuk mencari kehidupan yang lebih baik, kata Shokeir. “Imigran Turki adalah yang pertama dari dunia Muslim yang pindah ke Jepang. Tidak terlalu bagus secara ekonomi saat itu, terutama setelah Perang Dunia Kedua, orang-orang berjuang."

Tetapi ketika komunitas menetap dan memantapkan diri di negara itu, terutama menjalankan toko dan layanan, atau bekerja di pabrik, komunitas Muslim mulai tumbuh.

Shokeir, penulis kontributor untuk The Arab, intisari triwulanan tentang hubungan Jepang-Arab. Dia juga penulis media Arab di Universitas Georgetown Qatar, kepada Middle East Eye dari rumahnya di Doha.

Shokeir mengatakan bahwa hubungan antara Jepang dan dunia Arab dulunya “sangat dangkal” sampai krisis minyak pada tahun 1973 dan 1979. Baru pada saat itulah banyak orang Jepang mulai memperhatikan Timur Tengah.

Dia menyatakan: “85% dari minyak (Jepang) diimpor dari negara-negara Teluk, jadi ketika Saudi membuka Institut Islam Arab di Tokyo, ada banyak siswa pergi ke sana untuk belajar bahasa Arab, itu menjadi populer. Mereka ingin tahu dari siapa orang-orang ini kita membeli energi kita?”

Dari negara-negara Arab, Arab Saudi memiliki hubungan paling mapan dengan Jepang. The Japan Foundation, sebuah program pertukaran budaya yang didirikan pada tahun 1972, mulai mensponsori siswa di perguruan tinggi teknik "canggih" di Arab Saudi.

“Co-sponsor lainnya adalah pemerintah Saudi dan industri teknik dan otomotif besar yang sedang naik daun di Jepang, seperti Panasonic, Sony dan Toyota. Lulusan dari perguruan tinggi luar biasa ini akan langsung masuk ke karir teknik,” katanya.



Masyarakat yang Ideal

Meskipun pertama kali bepergian ke Jepang tanpa pengetahuan tentang bahasanya dan hanya tahu sedikit tentang budayanya, empat dekade kemudian Shokeir menikah dengan istrinya yang orang Jepang dan fasih berbahasa Jepang.

Keterampilan bahasa Shokeir - kelancaran dalam bahasa Arab dan Inggris - dan kerja keras membuka pintu baginya, yang mengarah ke pekerjaan pertama di kedutaan Oman di Tokyo, bekerja sebagai petugas penelitian, dan kemudian dengan jaringan berita utama Jepang NHK di mana dia bekerja sebagai produser berita. Dia kemudian bergabung dengan BBC Arabic di London, dan kemudian pada tahun 2006 pindah ke Qatar untuk bergabung dengan Aljazeera English.

"Jepang adalah masyarakat meritokratis dan kerja keras membuahkan hasil. Tidak ada rasisme lahiriah di sana terhadap Muslim atau Arab, meskipun dalam film Jepang, orang Arab sering ditampilkan sebagai 'orang kaya', sebagai pemboros besar yang dermawan tetapi sangat dangkal dengan mentalitas naif."

Shokeir mengatakan bahwa dalam pengalamannya, “orang Jepang pada dasarnya tidak kasar (tetapi) beberapa memiliki mentalitas rasis mereka sendiri, menganggap diri mereka berada di puncak piramida di Asia, seperti yang dilakukan orang Inggris di Eropa.

"Anda harus ingat Jepang menjajah China, Malaysia, Filipina, mereka semua pernah menjadi koloni Jepang. Tapi tidak seperti penjajah barat, mereka tidak menunjukkan rasisme."



Sushi Halal

Sebagai tanda bahwa negara sedang beradaptasi dengan pertumbuhan pariwisata Muslim dan komunitas Muslim domestiknya, sekarang ada hampir 800 restoran ramah halal yang menyajikan hidangan yang memiliki daging bersertifikat halal, atau bebas babi dan alkohol.

Tapi Shokeir ingat satu-satunya tempat daging halal yang tersedia di awal tahun 80-an adalah dari tukang daging Pakistan di Tokyo yang menjual daging dalam jumlah terbatas kepada komunitas Muslim.

“Ada orang lain yang membeli ternaknya sendiri dan menyembelih kurbannya sendiri, tetapi mereka menjualnya kepada umat Islam lain baik di masjid atau bisa dipesan."

"Dulu ada beberapa restoran Arab, tapi tidak ada yang mengaku menyajikan daging halal. Saya hanya memilih makanan laut, yang mudah dilakukan, dan menghindari produk babi."

Shokeir dan beberapa orang lainnya tahu apa itu huruf Jepang untuk babi atau "bantu" dalam aksara kanji dan mencetaknya untuk diedarkan di kalangan komunitas Muslim, sehingga yang lain dapat menghindari makanan yang mengandung babi, bahan populer dalam masakan Jepang.

"Jepang telah berkembang pesat, dan berkembang serta beradaptasi dengan masyarakat yang tinggal di sana. Itu membuat saya mempertimbangkan kembali untuk kembali ke sana untuk pensiun."

Madung setuju. Dia memperhatikan pertumbuhan pesat dalam memenuhi kebutuhan Muslim dalam dekade terakhir saat dia tinggal di pedesaan.

“Pemerintah Jepang bahkan sektor swasta telah melakukan banyak upaya untuk mengakomodasi umat Islam di Jepang. Ketika saya datang 10 tahun yang lalu, saya sempat khawatir karena hanya ada beberapa restoran halal, namun sekarang makanan halal mudah ditemukan, bahkan di supermarket besar seperti Gyomu Supa sekarang Anda bisa membeli produk halal."

Dan meskipun dia menikmati "keamanan dan kenyamanan" yang katanya ditawarkan Jepang, dia tidak berencana untuk menetap di sana.

"Saya hanya akan menikah dengan pria Jepang jika dia bersedia kembali tinggal di Malaysia bersama saya."



Persamaan dan perbedaan

Bagi Shokeir, pernikahan lintas budayanya berhasil, dan dia mengatakan ada kesamaan antara budaya Arab dan Jepang, tetapi Anda harus mencarinya. “Menurutku yang utama adalah nilai keluarga, dan menghormati yang lebih tua.”

Salah satu perbedaan antara budaya yang diperhatikan Shokeir di awal pernikahannya yang berusia 33 tahun adalah ketika pasangan yang baru menikah itu mengundang beberapa teman.

“Di Jepang orang tidak sering mengundang orang lain ke rumah mereka karena rumahnya cukup kecil, tapi kami melakukannya dan Yoko membuat beberapa makanan dan para tamu memakan makanannya, dan makanan selesai.

“Ketika mereka pergi, saya merasa sedikit malu dan berkata kepada istri saya, kami tidak memiliki cukup makanan dan orang-orang kelaparan, karena secara budaya kami menawarkan makanan besar. Dia berkata 'Saya pikir mereka menyukai makanannya dan mereka memakan semuanya'.

“Kami terkadang memiliki pandangan yang berbeda untuk acara yang sama, dan bahkan mungkin prioritas yang berbeda, tetapi melalui kompromi dan pengertian kami berhasil."

Halaman :
Follow
cover top ayah
اِذۡ قَالَ يُوۡسُفُ لِاَبِيۡهِ يٰۤاَبَتِ اِنِّىۡ رَاَيۡتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوۡكَبًا وَّالشَّمۡسَ وَالۡقَمَرَ رَاَيۡتُهُمۡ لِىۡ سٰجِدِيۡنَ‏
Ingatlah, ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, Wahai ayahku! Sungguh, aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan, kulihat semuanya sujud kepadaku.

(QS. Yusuf Ayat 4)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More