Kisah Nabi Sulaiman Perintahkan Jin Menjaga Telur Merpati, Malaikat Turun Tangan

Kamis, 03 Agustus 2023 - 05:10 WIB
Rasulullah ﷺ berpesan bahwa sedekah dapat menolak balak (mara bahaya). "Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah, karena sungguh bencana tak dapat melewati sedekah." (HR Ath-Thabrani)

Sedekah bukan saja menghindari bencana, akan tetapi bencana tidak akan melewati jika ada orang-orang yang bersedekah. Namun terkadang, ujian bencana tetap akan datang kepada kita bukan karena Allah tidak sayang dan tidak menilai sedekah kita. Namun, ini adalah bentuk ujian apakah kita akan tetap bersedekah seperti biasanya, walaupun bencana dan kesulitan kita hadapi.

Bukan saja di dunia, sedekah juga menolak murka Allah di akhirat kelak dan pada hari Kiamat. Hal ini sebagaimana disampaikan dalam Hadis berikut: "Naungan bagi seorang mukmin pada hari Kiamat adalah sedekahnya." (HR Ahmad)

Sumber:

Tanqihul Qaulil Hatsits karya Syaikh Nawawi Al-Bantani

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Al Aswad bin Yazid, dia berkata; Abdullah berkata, Saya pernah mendengar Nabi kalian shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa menjadikan segala macam keinginannya hanya satu, yaitu keinginan tempat kembali (negeri Akhirat), niscaya Allah subhanahu wa ta'ala akan mencukupkan baginya keinginan dunianya. Dan barangsiapa yang keinginannya beraneka ragam pada urusan dunia, maka Allah subhanahu wa ta'ala tidak akan memperdulikan dimanapun ia binasa.

(HR. Ibnu Majah No. 4096)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More