Cara Mudah Membaca Surat Al-Fatihah Supaya Tidak Keliru

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 22:01 WIB
Cara mudah membaca Surat Al-Fatihah harus mengetahui terlebih duhulu ilmu makhorijul huruf dan hukum-hukum tajwid. Foto ilustrasi/ist
Cara membaca Surat Al-Fatihah wajib dipelajari kaum muslim supaya tidak keliru ketika melafazkannya. Seperti diketahui, Surat Al-Fatihah merupakan syarat sahnya sholat sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ berikut:

لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ

Artinya: "Tidak sah sholatnya orang yang tak membaca Surat Al-Fatihah." (HR Muslim)

Cara cepat membaca Surat Al-Fatihah harus mengetahui terlebih duhulu hukum-hukum tajwid. Kemudian belajar ilmu makhorijul huruf atau tempat keluarnya huruf (sifat huruf Hijaiyah).

Apabila seseorang keliru dalam melafakan huruf Hijaiyah, maka akan mengubah makna atau arti bacaan. Karena itu, setiap muslim wajib mempelajari ilmu makhorijul huruf dan kaidah Tajwid.



10 Syarat Bacaan Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah adalah Ummul Kitab yang merupakan induk dari Al-Qur'an. Al-Fatihah artinya pembuka dan disebut juga sebagai Asy-Syifa yang artinya penyembuh (obat).

Berikut 10 syarat Bacaan Al-Fatihah dinukil dari Kitab Safinatun Najah karya Syaikh Salim bin Sumair Al-Hadhrami (Yaman).

(فصل) شُرُوْطُ الْفَاتِحَةِ عَشَرَةٌ: التَّرْتِيْبُ، وَالْمُوَالَاةُ، وَمُرَاعَاةُ حُرُوْفِهَا، وَمُرَاعَاةُ تَشْدِيْدَاتِهَا، وَأَنْ لَا يَسْكُتَ سَكُتَةً طَوِيْلَةً وَلَا قَصِيْرَةً يَقْصِدُ بِهَا قَطْعَ الْقِرَاءَةِ، وَقِرَاءَةُ كُلِّ آيَاتِهَا وَمِنْهَا الْبَسْمَلَةُ، وَعَدَمُ اللَّحْنِ الْمُخِلِّ بِالْمَعْنَى: وَأَنْ تَكُوْنَ حَالَةَ الْقِيَامِ فِي الْفَرْضِ، وَأَنْ يُسْمِعَ نَفْسَهُ الْقِرَاءَةَ، وَأَنْ لَا يَتَخَلَّلَهَا ذِكْرٌ أَجْنَبِيًّ

1. Tartib.

2. Berurutan.

3. Menjaga Tasydid-tasydid-nya.

4. Tidak boleh ada saktah (berhenti tanpa menghela nafas) dengan saktah yang panjang atau pun dengan saktah yang sebentar.

5. Tidak boleh ada saktah sebentar dengan maksud (tujuan) memutus bacaan surah.

6. Harus membaca seluruh ayat-ayat Al-Fatihah termasuk harus membaca basmalah. 7. Tidak boleh ada Al-Lahn (bacaan keliru) yang merubah makna.

8. Harus dibaca ketika berdiri pada sholat.

9. Harus bisa mendengar bacaannya.

10. Tidak boleh menyela-nyela dengan dzikir lainnya.

Ada 14 Bacaan Tasydid yang Wajib Dipenuhi:
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Janganlah kalian banyak tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati.

(HR. Ibnu Majah No. 4183)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More