5 Ulama Arab Saudi Keturunan Nabi Muhammad SAW

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 18:02 WIB


Beliau adalah ulama besar keturunan Nabi yang masyhur di Arab Saudi. Sayyid Muhammad lahir di Mekkah pada Tahun 1365 Hijriyah atau 1946. Ayahnya adalah Sayyid Alawi bin Abbas Al-Maliki. Di bawah bimbingan ayahnya, Sayyid Muhammad sejak kecil sudah belajar Al-Qur'an dan ilmu fiqih.

Sayyid Muhammad dikenal sebagai Muhaddits al-Haramain (ulama hadits terkemuka di Makkah dan Madinah) bergelar profesor. Beliau pernah menjadi pengajar di Masjidil Haram dan membuka kajian di rumah beliau. Beliau menguasai ilmu akidah, tafsir, hadis, sirah, fikih, ushul fikih, mustalah hadis, nahwu, dan lain-lain. Ulama Makkah dan Madinah menganugerahkan ijazah atas kecakapannya dalam mengajar.

Di antara mulid beliau banyak tersebar di berbagai negara termasuk para Habaib dan ulama di Indonesia. Sayyid Muhammad wafat pada Hari Jumat, 15 Ramadhan 1425 H atau 2004, di Mekkah. Beliau dimakamkan di sebelah makam ayahnya dan Sayyidah Khadijah di Jannatul Ma'la.

5. Sayyid Usamah bin Sa'id Mansi



Nama beliau lebih populer dengan Syaikh Usamah Al-Mansi. Syarif Usamah adalah murid senior Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki. Beliau termasuk salah satu Muhaddis di zaman ini. Aktif sebagai pengajar Tarbiyah Islamiyah di Sekolah Aliyah al-Husain bin Ali di Makkah al-Mukarramah.

Beliau juga sering Imam dan khatib Masjid Ali Abu al-'Ola di kawasan ar-Rushaifah di Makkah. Pernah menjadi tamu kepala negara Emirat pada bulan Ramadhan 1438 H (Tahun 2017) untuk memberikan pengajian dan dakwah. Syaikh Usamah Al-Mansi juga sering ke Mesir mengisi khataman kitab-kitab Hadis.

(rhs)
Halaman :
Follow
cover top ayah
وَمَا خَلَقۡتُ الۡجِنَّ وَالۡاِنۡسَ اِلَّا لِيَعۡبُدُوۡنِ
Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

(QS. Az-Zariyat Ayat 56)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More