Mengenal Ketua Umum MUI dari Masa ke Masa

Kamis, 07 September 2023 - 17:10 WIB
Saat itu, Din Syamsuddin menggantikan KH. M. Sahal Mahfudz yang meninggal dunia. Selain Ketua MUI, ia juga dikenal sebagai tokoh Muhammadiyah yang sempat menjabat Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

7. Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin (2015-2020)

Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin saat ini menjabat Wakil Presiden Republik Indonesia. Terhitung sejak 2019, ia mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Melihat riwayatnya, Ma’ruf Amin telah dikenal sebagai tokoh agama yang banyak menempati posisi penting. Tak hanya di Nahdlatul Ulama (NU), namun juga Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Ma’ruf Amin pernah menjadi Ketua Umum (Ketum) Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada periode 2015-2020. Saat itu, ia menggantikan posisi dari Din Syamsuddin.

8. KH. Miftachul Akhyar (2020-2022)

KH. Miftachul Akhyar juga pernah menjabat Ketua Umum MUI. Posisi ini ditempati pada tahun 2020 ketika menggantikan KH. Ma’ruf Amin. Beberapa tahun menjabat, KH. Miftachul Akhyar mengundurkan diri dari jabatannya.

9. KH. Anwar Iskandar (2023-)

KH. Anwar Iskandar terpilih sebagai Ketua Umum MUI pada Agustus 2023 lalu. Ketentuan ini didapat pada Rapat Pleno Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta.

Ketua Panitia Rapat Pleno MUI, KH Rofiqul Umam Ahmad menyebut bahwa Rapat Pleno menyetujui penetapan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar. Penetapan itu nantinya akan dibawa ke Rapat Paripurna MUI.

Itulah daftar Ketua Umum MUI dari masa ke masa.

(wid)
Halaman :
Follow
cover top ayah
فَلۡيَـضۡحَكُوۡا قَلِيۡلاً وَّلۡيَبۡكُوۡا كَثِيۡرًا‌ ۚ جَزَآءًۢ بِمَا كَانُوۡا يَكۡسِبُوۡنَ
Maka biarkanlah mereka tertawa sedikit dan menangis yang banyak, sebagai balasan terhadap apa yang selalu mereka perbuat.

(QS. At-Taubah Ayat 82)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More