Iman kepada Kitab-Kitab Allah Taala dan Rasul-Nya Mencegah Perilaku Korupsi, Begini Penjelasannya

Selasa, 21 November 2023 - 07:01 WIB
Kitab-kitab yang telah Allah SWT turunkan baik Taurat, Zabur, Injil dan Al-Quran adalah berfungsi sebagai cahaya dan petunjuk kehidupan. Ilustrasi: Ist
Kitab-kitab yang telah Allah SWT turunkan baik Taurat , Zabur, Injil dan Al-Qur'an adalah berfungsi sebagai cahaya dan petunjuk kehidupan. Di sisi lain, para nabi dan Rasul adalah tauladan yang sempurna. Mereka yang mengimani kitab-kitab-Nya dan Rasul-Nya seharusnya tidak akan melakukan perbuatan buruk, seperti korupsi .

"Merasakan hadirnya hati bersama ajaran-ajaran dan petunjuk kitab-kitab suci dan Al-Quran adalah sebagai pencegah terbesar bagi seseorang dari mendekati perilaku menyimpang, haram, keji dan kotor, dan termasuk adalah perilaku koruptif dan manipulatif," tulis Tariq Ibn Sulaiman al-Bahlal dalam kitab "al-Iman wa Dawruhu fi al-Wiqayah min al-Jarimah" (Naif Arab University for Security Sciences, 1425 H).



Hal ini sebagaimana telah ditegaskan di dalam firman-Nya:

اٰمَنَ الرَّسُوۡلُ بِمَاۤ اُنۡزِلَ اِلَيۡهِ مِنۡ رَّبِّهٖ وَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ‌ؕ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰٓٮِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ ۚ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ اَحَدٍ مِّنۡ رُّسُلِهٖ‌ ۚ وَقَالُوۡا سَمِعۡنَا وَاَطَعۡنَا‌ ۖ غُفۡرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيۡكَ الۡمَصِيۡرُ




Aamanar-Rasuulu bimaaa unzila ilaihi mir-Rabbihii walmu'minuun; kullun aamana billaahi wa Malaaa'ikathihii wa Kutubhihii wa Rusulih laa nufarriqu baina ahadim-mir-Rusulihii wa qooluu sami'naa wa ata'naa ghufraanaka Rabbanaa wa ilaikal-masiir

Artinya: Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat." (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali. ( QS al-Baqarah/2 :285).



Hal yang sama juga dengan beriman kepada rasul-rasul-Nya. akan mendorong seorang muslim untuk selalu meneladani mereka di dalam perbuatan kebaikan, kemaslahatan, dan ketaatan, dan mendorongnya untuk menjauhi dari setiap perilaku yang menyalahi dan bertentangan dengan nilai-nilai keimanan tersebut, dan dari perilaku yang bertentangan dengan kelurusan perilaku serta keindahan aturan agama (way of life).

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Hadits of The Day
Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Orang yang paling Allah benci adalah orang yang keras kepala lagi suka bermusuhan.

(HR. Muslim No. 4821)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More