Awalnya Salat di Garasi Rumah, Kini Islam Bersemi di Samudera Atlantik Utara

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 17:42 WIB
"2000 Euro itu sudah termasuk gaji imam masjid, listrik, air, telepon dan sewa ruangan itu," kata dia.



Dengan berdirinya dua masjid itu di kota itu, juga sangat membantu umat Islam yang berstatus karyawan. Sebab jam kerja di Tenerife dan juga wilayah kerajaamn Spanyol lainnya mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore dan jam istrahat pukul 12.00-13.00. Tentunya salat Jumat pukul 13.30 tidak menguntungkan umat. Sehingga dibuat kebijakan untuk membedakan waktu salat Jumat. Untuk Masjid Assuna yang jaraknya hanya 1 kilometer dari Al Muhsinin itu pukul 13.30 dan untuk Masjid Al Muhsinin mulai pukul 14.30.

"Jadi bagi yang belum sempat salat Jumat pukul 13.30 bisa mendatangi Masjid Al Muhsinin pukul 14.30," kata dia.

Lebih maju dari muslim di Andalusia, Spanyol daratan, kedua masjid itu telah memiliki ruang madrasah di samping ruang utama masjid. "Anak-anak kami sudah dapat belajar mengaji dan bahasa Arab dengan bimbungan Imam Masjid Syeikh Ibrahim Marwani setiap malam Jumat, Sabtu dan Minggu," kata Ahmed.

Uniknya, setiap usai salat Jumat di Masjid Muhsinin, jamah dan warga lokal tergolong miskin dapat menghadiri makan siang gratis di ruang Madrasah Al Muhsinin. Tentunya hidangan yang disajikan khas Maroko.

Tak heran, beberapa penduduk warga lokal mulai tertarik satu persatu memeluk agam Islam . Paling tidak 10 orang menjadi muallaf setiap tahunnya. "Kalau kau datang dua minggu lalu, kita bisa menyaksikan sahadat wanita asli Spanyol di masjid ini," kata Ahmed. ( )

Tulisan ini dikirim oleh Abdul Aziz
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Jabir bin Abdillah dia berkata, saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallah (tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah). Dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3790)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More