Inilah Syair Rindu Imam Syafi'i tentang Gaza, Tanah Kelahirannya

Rabu, 03 Januari 2024 - 12:48 WIB
Ketiga, Imam Syafi'i dilahirkan di Yaman, khawatir takut telantar, ibunya membawanya ke Makkah. Ini merupakan pendapat yang paling lemah di antara pendapat yang lainnya.

Mengenai pendapat pertama dan kedua walaupun secara dhahirnya kontradiksi, namun bisa dikompromikan. Perkataan Imam Syafi'i bahwa dirinya lahir di Gaza, maksudnya adalah desa. Sedangkan perkataan Imam Syafi'i bahwa dirinya lahir di 'Asqalan, maksudnya adalah kota. Kedua tempat tersebut sama-sama masuk dalam wilayah Palestina.

Imam Syafi'i menderita penyakit Beser yang sangat parah. Hingga menyebabkan beliau meninggal dunia. Ada juga isu yang tersebar di tengah-tengah masyarakat bahwa beliau meninggal dunia karena pertikaian antara beliau dengan pemuda pengikut mazhab Maliki, karena kalah debat, pemuda ini melaporkan Imam Syafi'i ke Gubernur Mesir. Akhirnya gubernur mengirim utusan untuk membunuh Imam Syafi'i. Akan tetapi kisah ini tidak bisa dipertanggungjawabkan keotentikannya.

Imam Syafi'i meninggal dunia pada malam Jumat setelah Maghrib. Ada juga yang mengatakan setelah Isya pada akhir bulan Rajab, tepatnya pada tahun 204 H dan beliau di kebumikan di Mesir.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Utsman bin Affan radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang mengerjakan shalat Isya' secara berjamaah, itu seperti beribadah setengah malam. Dan barangsiapa yang mengerjakan shalat Isya' dan Subuh secara berjamaah, maka ia seperti beribadah semalam penuh.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 468)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More