10 Pemimpin Besar dalam Islam yang Patut Diketahui

Jum'at, 02 Februari 2024 - 17:55 WIB
Ia menjadi panglima kekuatan militer umat Islam di Mesir pada tahun 1169. Dalam karir militernya yang panjang, ia menaklukkan Damaskus, Aleppo, dan Mosul. Ia juga mendirikan dinasti besar Ayyubiyah.

Di bawah pemerintahannya pula umat Islam merebut kerajaan besar Yerusalem. Selain itu, Saladin mengalahkan tentara salib yang besar dan menguasai sejumlah besar wilayah tentara salib.

8.Muhammad al Fatih

Muhammad al-Fatih adalah pemimpin daula Utsmani yang terkenal. Ia memerintah Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 855 H/1451 M. dan dia berhasil menaklukkan Konstantinopel pada tahun 857 H/1453 M. Dia memerintah kerajaan ini selama 30 tahun.

Tidak hanya disebut al-Fatih, ia juga disebut Kaisar Romawi karena mewarisi Kekaisaran Romawi Bizantium. Ia juga dikenal sebagai Penguasa Dua Benua dan Dua Laut karena ia menguasai Anatolia dan Balkan, serta Laut Aegea dan Laut Hitam.Pemerintahan Muhammad al-Fatih dikenal dengan masa Reformasi Daulah Utsmaniyah. Dia menetapkan aturan yang berlaku seragam di wilayahnya. Hak prerogatif pemerintahannya ditandai dengan kepedulian yang luar biasa terhadap komunitas komersial dan pengembangan diplomasi dengan daerah tetangga.

Muhammad al-Fatih dikenal tidak hanya sebagai pionir dalam memperkenalkan Islam di Eropa, tetapi juga sebagai pribadi yang toleran. Semua kelas sosial di Istanbul mengetahuinya. Dia sering mengadakan pembicaraan dengan sarjana Italia dan Yunani di kota Balata. Menunjukkan betapa terbukanya dia. Selama masa pemerintahannya, Gereja Kristen Ortodoks Turki terus berfungsi seperti sebelumnya hingga ditutup di bawah kekuasaan Turki modern pada abad ke-20.

9.Sultan Sulaiman al-Qanuni

Sepeninggal Sultan Salim I, kekuasaan Utsmaniyah diperintah oleh putranya Sulaiman al-Qanuni (926-974 H/1520-1566 M). Sultan Sulaiman mengikuti kebijakan para pendahulunya di ketentaraan. Namun, selama masa pemerintahannya, hukum, budaya, dan tata kota lebih sistematis. Oleh karena itu, masa pemerintahannya dikenal sebagai masa kejayaan peradaban Utsmani.

Pada masa pemerintahan Sultan Sulaiman, wilayah Beograd, ibu kota Serbia saat ini, Rhodes, Hongaria, dan Wina, ibu kota Austria, menjadi wilayah Turki Ottoman. Sultan Sulaiman melakukan aksi militer besar-besaran terhadap Daulah Syafawi Syiah sebanyak tiga kali. Yang pertama terjadi pada tahun 941 H/1534 M. ketika Syafawis tiba di kota Erzurum di tempat yang sekarang menjadi Turki timur. Kedua, pada tahun 955 H/1548 M terjadi kontak senjata di daerah Danau Van. Ketiga 961 H/1554 M Pemimpin angkatan laut Ottoman yang terkenal Khairuddin Barbarosa juga muncul selama periode ini. Barbarossa adalah komandan angkatan laut terbaik dalam sejarah Islam. Pahala mereka sangat besar dalam melindungi Laut Mediterania, pantai Yunani, Venesia (sebuah kota di Italia) dan Spanyol.

10. Nader Syah

Nader Shah, penguasa dan Sultan Persia, memerintah negeri itu antara tahun 1736 dan 1747. Ia tidak hanya seorang administrator yang hebat, namun juga salah satu komandan militer yang paling cemerlang dan bijaksana. Karena kebijaksanaannya itulah banyak orang menjulukinya sebagai Napoleon Iran.

Selama masa pemerintahannya yang panjang, ia memperluas perbatasan negaranya dan mencakup sebagian besar wilayah Timur Tengah. Dia juga memimpin banyak kampanye militer efektif yang membuatnya terkenal dan kaya. Selain itu, ia memperkenalkan banyak kebijakan yang menguntungkan di kerajaannya, yang menjadikannya pemimpin yang populer.

Ke 10 pemimpin besar ini hanya sebagian dari banyak pemimpin besar dalam Islam yang berjasa. Semoga bermanfaat.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Follow
cover top ayah
وَلَا تَكُوۡنُوۡا كَالَّذِيۡنَ تَفَرَّقُوۡا وَاخۡتَلَفُوۡا مِنۡۢ بَعۡدِ مَا جَآءَهُمُ الۡبَيِّنٰتُ‌ؕ وَاُولٰٓٮِٕكَ لَهُمۡ عَذَابٌ عَظِيۡمٌۙ
Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang bercerai berai dan berselisih setelah sampai kepada mereka keterangan yang jelas. Dan Mereka itulah orang-orang yang mendapat azab yang berat,

(QS. Ali 'Imran Ayat 105)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More