Ketika Norwegia Menunjukkan Sikap Memihak Palestina

Senin, 27 Mei 2024 - 05:54 WIB
Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Store. Foto: Life in Norway
Norwegia , bersama Irlandia dan Spanyol , baru-baru ini telah memutuskan secara resmi mengakui negara Palestina berdasarkan perbatasan sebelum tahun 1967, mulai hari Selasa.

Otoritas Palestina dan Hamas menyambut baik perkembangan ini. Di sisi lain, pemerintah Israel kecewa berat dan segera menarik duta besarnya dari Oslo, Dublin, dan Madrid serta memanggil perwakilan Norwegia, Irlandia, dan Spanyol di Tel Aviv.

Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Store, menjelaskan bahwa keputusan Norwegia adalah untuk mendukung kekuatan moderat yang mengalami kemunduran dalam konflik yang berkepanjangan dan kejam.

Dia mengatakan langkah ini merupakan investasi pada “satu-satunya solusi” yang dapat membawa perdamaian abadi di Timur Tengah – “dua negara yang hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan”.



Para analis tidak terkejut dengan langkah Norwegia, yang terjadi 30 tahun setelah negara itu menjadi tuan rumah Perjanjian Oslo, perjanjian perdamaian awal tahun 1990an yang akhirnya gagal.

“Masyarakat Norwegia sudah lama bergerak ke arah pandangan yang lebih pro-Palestina. Pihak politik menjadi lebih ragu-ragu, salah satunya karena kedekatannya dengan AS,” ujar Bjorn Olav Utvik, seorang profesor studi Timur Tengah di Universitas Oslo, kepada Al Jazeera. “Sejak pecahnya konflik saat ini, opini masyarakat semakin mengarah pada perjuangan Palestina.”

Dia menyebut pengakuan tersebut sebagai “langkah simbolis yang penting” dan lebih mudah dilakukan dibandingkan, misalnya, “memutus semua investasi yang terkait dengan Israel".

Ketika negara-negara Eropa terpecah belah akibat perang Israel di Gaza, Norwegia kini semakin dekat dengan negara-negara yang secara vokal mendukung hak-hak Palestina untuk menentukan nasib sendiri dan martabat dasar.

“Kami tidak bisa menunggu lebih lama lagi,” tegas Menteri Luar Negeri Norwegia, Espen Barth Eide, juga kepada Al Jazeera. “Satu-satunya penyelesaian jangka panjang yang dapat membawa perdamaian bagi rakyat Palestina dan Israel adalah solusi dua negara. Kedua negara bagian ini tentunya harus memiliki wilayah yang logis. Banyak hal yang harus diubah.”



Para pejabat Norwegia mempertahankan dukungan tingkat tinggi kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) dan dengan cepat menuntut gencatan senjata setelah konflik terbaru ini meletus.

Sebelumnya, Norwegia telah mengecam pendudukan Israel di hadapan Mahkamah Internasional. Mereka tidak mengekspor senjata ke Israel dan telah memberikan sanksi kepada beberapa pemukim “ekstremis”.

“Norwegia percaya bahwa aktivitas pemukiman Israel di tanah yang diduduki adalah ilegal menurut hukum internasional dan menghambat proses perdamaian dan sangat yakin akan solusi dua negara sebagai satu-satunya solusi yang bertahan lama,” kata Hasini Ransala Liyanage, peneliti doktoral dari departemen ilmu politik Oslo di Universitas tersebut.

Dia menggambarkan Norwegia sebagai “mediator terkemuka dalam berbagai konflik di dunia” yang “selalu fokus pada solusi damai”.

Mediasi Norwegia ditandai dengan kesediaan untuk memberikan bantuan jangka panjang, fasilitasi pembicaraan perdamaian yang tidak memihak dan kerja sama yang erat dengan pihak-pihak yang berkonflik, tambahnya.



Pengakuan Oslo terhadap negara Palestina juga menggarisbawahi dukungannya terhadap Inisiatif Perdamaian Arab, yang menyerukan pengakuan atas hak keberadaan Israel dan normalisasi hubungan dengan imbalan penarikan Israel dari tanah yang direbut sejak tahun 1967 dan negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

“Bagi saya, tampaknya pengumuman tersebut dirancang untuk menarik perhatian terhadap inisiatif ini dan berkontribusi pada momentum diplomatik untuk meningkatkan dukungan Eropa terhadap rencana perdamaian Arab,” uja Sverke Runde Saxegaard, peneliti doktoral di Universitas Oslo kepada Al Jazeera.

“Pemerintah telah menekankan sepanjang hari bahwa ini sama sekali bukan merupakan tanda dukungan terhadap Hamas namun merupakan tanda dukungan bagi kekuatan dan aktor yang mencari solusi tanpa kekerasan terhadap konflik di Israel dan Palestina. Untuk memberikan secercah harapan di masa kelam,” tambahnya.

Perang terbaru dan paling mematikan yang dilakukan Israel di Gaza telah menewaskan hampir 36.000 orang, sebagian besar adalah wanita dan anak-anak.

(mhy)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اصۡبِرُوۡا وَصَابِرُوۡا وَرَابِطُوۡا وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siaga di perbatasan negerimu dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.

(QS. Ali 'Imran Ayat 200)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More