Kapan 1 Muharram 2024? Berikut Penanggalan Tahun Baru Hijriah Ini

Senin, 24 Juni 2024 - 09:44 WIB
Tanggal 1 Muharram menandakan Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah dalam kalender hijriah dan menjadi salah satu peringatan penting bagi umat Islam. Foto ilustrasi/ist
Kapan tanggal 1 Muharram tahun 2024 atau 1446 hijriah? Tanggal 1 Muharram menandakan Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah. Tahun Baru Islam merupakan tahun baru dalam kalender hijriah dan menjadi salah satu peringatan penting bagi umat Islam.

Berdasarkan SKB 3 Menteri, 1 Muharram atau Tahun Baru Islam 1446 H atau 1 Muharram 2024 jatuh pada tanggal 7 Juli 2024. Adapun 1 Muharram atau Tahun Baru Islam 2024 adalah peringatan ke-1446 Hijriah.

Asal-usul Penetapan Tahun Baru Islam

Penetapan awal penanggalan hijriah atau awal Tahun Baru Islam merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah yang terjadi pada tahun 622 Masehi. Hari itu juga ditetapkan sebagai hari pertama dalam penanggalan hijriah atau kalender Islam yakni 1 Muharam 1 Hijriah.

Dikutip dari laman resmi MUI, penentuan awal Tahun Baru Islam itu diprakarsai oleh Khalifah Umar bin Khattab dengan persetujuan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Sayyidina Umar memutuskan untuk memulai tahun hijriah saat hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah atas usulan dan rekomendasi Sayyidina Utsman dan Ali bin Abi Thalib.

Selain itu, bulan Muharram juga dipilih sebagai bulan pertama dalam penanggalan hijriyah. Penanggalan hijriah atau Tahun Baru Islam disebut juga penanggalan qamariah yang berpatokan pada rotasi bulan.



Wallahu A'lam
(wid)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَلَا تَقۡفُ مَا لَـيۡسَ لَـكَ بِهٖ عِلۡمٌ‌ ؕ اِنَّ السَّمۡعَ وَالۡبَصَرَ وَالۡفُؤَادَ كُلُّ اُولٰۤٮِٕكَ كَانَ عَنۡهُ مَسۡـُٔوۡلًا (٣٦) وَلَا تَمۡشِ فِى الۡاَرۡضِ مَرَحًا‌ ۚ اِنَّكَ لَنۡ تَخۡرِقَ الۡاَرۡضَ وَلَنۡ تَبۡلُغَ الۡجِبَالَ طُوۡلًا (٣٧) كُلُّ ذٰ لِكَ كَانَ سَيِّئُهٗ عِنۡدَ رَبِّكَ مَكۡرُوۡهًا (٣٨)
Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung. Semua itu kejahatan yang sangat dibenci di sisi Tuhanmu.

(QS. Al-Isra Ayat 36-38)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More