Surat Al Fil Full Arab Saja Ayat 1-5

Selasa, 09 Juli 2024 - 16:03 WIB
Surat Al Fil dalam Al Quran. Foto istimewa
Surat Al Fil full arab saja termuat dalam artikel ini. Surah Al Fil menjadi salah satu suratan pendek yang kerap dibaca ketika menunaikan salat fardhu maupun sunnah karena tidak memerlukan waktu yang lama untuk membaca serta mudah untuk dihafal.

Surah Al-Fil adalah surah ke-105 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 5 ayat dan termasuk dalam golongan Surah Makkiyah. Meskipun termasuk dalam suratan pendek, Surat Al Fil memiliki segudang keutamaan.

Misalnya dalam Tafsirul Burhan juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Fiil), maka Allah memberikan karunia pahala seperti orang yang mengelilingi Ka'bah (tawaf) dan itikaf di Masjidil-Haram. Dan jika dibacakan di atas makanan yang ditakuti, maka ia dapat menjadi obat di dalamnya, sedangkan orang yang memakannya tidak akan tersakiti selamanya.”

Kemudian di dalam Tsawabul A’mal dinyatakan bahwa Abi Abdullah berkata, "Barangsiapa yang bacaan paling banyaknya adalah Surat Al-Fiil, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat di atas kendaraan dari kendaraan surga, hingga ia duduk di atas tempat duduknya dari cahaya di hari kiamat."

Surat Al Fil Full Arab Saja

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

١ – اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ

٢ – اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ

٣ – وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ

٤ – تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ


Secara bahasa Al Fil berarti "gajah". Surah ini mengisahkan entang pasukan gajah dari Yaman di bawah pimpinan Abrahah yang ingin meruntuhkan Ka’bah di Makkah. Peristiwa ini terjadi pada tahun di mana Baginda Nabi Muhammad SAW dilahirkan.

(wid)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
اَلَمۡ تَرَ اِلَى الَّذِيۡنَ تَوَلَّوۡا قَوۡمًا غَضِبَ اللّٰهُ عَلَيۡهِمؕۡ مَّا هُمۡ مِّنۡكُمۡ وَلَا مِنۡهُمۡۙ وَيَحۡلِفُوۡنَ عَلَى الۡكَذِبِ وَهُمۡ يَعۡلَمُوۡنَ
Tidakkah engkau perhatikan orang-orang (munafik) yang menjadikan suatu kaum yang telah dimurkai Allah sebagai sahabat? Orang-orang itu bukan dari (kaum) kamu dan bukan dari (kaum) mereka. Dan mereka bersumpah atas kebohongan, sedang mereka mengetahuinya.

(QS. Al-Mujadilah Ayat 14)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More