Kapan Waktu yang Tepat untuk Membaca Surat Maryam?

Jum'at, 26 Juli 2024 - 19:19 WIB
Sebenarnya tidak ada batasan waktu, karena membaca surat-surat dalam Al Quran dianjurkan setiap waktu, tetapi karena kandungan dan isinya, maka umumnya Surat Maryam sering dibaca oleh wanita muslimah yang lagi hamil. Foto ilustrasi/ist
Kapan waktu yang tepat untuk membaca Surat Maryam ? Apa saja keistimewaan dan keutamaan Surat Maryam ini? Surat Maryam merupakan surat ke-19 dalam Al Qur'an. Surat yang terdiri dari 98 ayat ini termasuk golongan surat-surat Makkiyah sebab diturunkan pada periode Makkah, sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah.

Kapan waktu yang tepat membacanya? Sebenarnya tidak ada batasan waktu, karena membaca surat-surat dalam Al Qur'an dianjurkan setiap waktu. Akan tetapi karena kandungan dan isi Surat Maryam ini lebih banyak mengisahkan tentang hidup dan perjalanan spritual, serta perjuangan Maryam binti Imaran saat melahirkan Nabi Isa Alaihissalam ini, maka di kalangan masyarakat Islam di Indonesia, Surat Maryam sering dibaca oleh wanita muslimah yang lagi hamil.

Dalam surat tersebut juga menunjukkan tentang kekuatan dan harapan yang sangat besar bagi mereka yang sedang mengalami kesulitan, cobaan iman, hingga kekecewaan. Selain itu, surat yang terdiri dari 98 ayat ini pun dipenuhi dengan hikmah bagi umat Islam yang ingin memperkuat hubungannya dengan Allah SWT.

Dalam Surat Maryam juga terkandung beberapa perkara penting, di antaranya:

1. Keimanan

Surat Maryam berisi tentang Allah SWT berbuat sesuatu menurut kehendak-Nya walaupun tidak sesuai dengan hukum alam. Seperti Nabi Zakaria yang dikaruniai anak oleh Allah di usia yang sudah tua.

2. Bentuk Ikhtiar

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman: "Dia berkata : Ya Tuhanku, sungguh tulang ku telah lemah dan kepala ku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepadaMu. Dan sungguh, aku khawatir terhadap kerabat sepeninggalku, padahal istriku seorang yang mandul, maka anugrahilah aku seorang anak dari sisi Mu" (QS Maryam : 4-5).

Surat ini menunjukkan seorang ibu senantiasa harus melakukan amaln istighfar dan berdoa demi kelancaran persalinan.

3. Doa

Allah berfirman: "Dan sangat berbakti kepada kedua orang tuanya dan dia bukan orang yang sombong bukan pula orang yang durhaka". (QS Maryam : 14).

Ayat tersebut merupakan salah satu doa yang merupakan bagian dari keutamaan surat Maryam untuk ibu hamil yaitu doa untuk anak yang dikandung agar kelak menjadi seseorang yang sholeh dan sholehah.

4. Anjuran Berprasangka Baik

Sebagai muslim kita harus berprasangka baik terhadap Allah SWT. Allah berfirman: "Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya bersandar pada pangkal pohon kurma, dia (Maryam) berkata : wahai betapa baiknya aku mati sebelum ini dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan. Jibril berkata janganlah engkau bersedih. Goyangkanlah pohon kurma itu niscaya akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu". (QS Maryam : 23 - 25).

5. Wanita Saleha

Allah berfirman:

"Maryam berkata : bagaimana mungkin aku memiliki seorang anak laki laki padahal tidak ada laki laki yang pernah menyentuhku". (QS Maryam : 20).



Wallahu A'lam
(wid)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَالَّذِيۡنَ اتَّخَذُوۡا مَسۡجِدًا ضِرَارًا وَّكُفۡرًا وَّتَفۡرِيۡقًۢا بَيۡنَ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ وَاِرۡصَادًا لِّمَنۡ حَارَبَ اللّٰهَ وَرَسُوۡلَهٗ مِنۡ قَبۡلُ‌ؕ وَلَيَحۡلِفُنَّ اِنۡ اَرَدۡنَاۤ اِلَّا الۡحُسۡنٰى‌ؕ وَاللّٰهُ يَشۡهَدُ اِنَّهُمۡ لَـكٰذِبُوۡنَ
Dan (di antara orang-orang munafik itu) ada yang mendirikan masjid untuk menimbulkan bencana (pada orang-orang yang beriman), untuk kekafiran dan untuk memecah belah di antara orang-orang yang beriman serta menunggu kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu. Mereka dengan pasti bersumpah, Kami hanya menghendaki kebaikan. Dan Allah menjadi saksi bahwa mereka itu pendusta (dalam sumpahnya).

(QS. At-Taubah Ayat 107)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More