Hukum Tajwid Surat Ibrahim Ayat 1-4

Senin, 29 Juli 2024 - 20:22 WIB
Hukum tajwid Surat Ibrahim ayat 1-4. Ilustrasi: SINDOnews
Hukum Tajwid Surat Ibrahim ayat 1-4 antara lain: Mad lazim harfi musyba’ mukhaffaf, Mad ashli, Alif lam, dan sebagainya. Berikut ini hukum tajwid Surat Ibrahim ayat 1-4 dikutip dari laman Tahsin.

Tajwid surat Ibrahim ayat 1

الۤرٰ‌ ۚكِتٰبٌ اَنۡزَلۡنٰهُ اِلَيۡكَ لِـتُخۡرِجَ النَّاسَ مِنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوۡرِ  ۙ بِاِذۡنِ رَبِّهِمۡ اِلٰى صِرَاطِ الۡعَزِيۡزِ الۡحَمِيۡدِۙ


Alif-Laaam-Raa; Kitaabun anzalnaahu ilaika litukhrijan-naasa minaz zulumaati ilan nuuri bi-izni Rabbihim ilaa siraatil 'Aziizil Hamiid

1. Alif Lam Ra. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu (Muhammad) agar engkau mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya terang-benderang dengan izin Tuhan, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Mahaperkasa, Maha Terpuji.

الٓرٰ ۗ 


Nama hukum tajwid di atas adalah Mad lazim harfi musyba’ mukhaffaf, sebab ada huruf setelah mad tidak diidghamkan. Maksudnya bacaan diringankan (mukhaffa) akibat tidak terjadi proses idgham.

كِتٰبٌ


Nama tajwid di atas adalah mad thabi’i, alasannya sebab ada harakat fathah berdiri, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.

بٌ اَ


Ini adalah idzhar halqi, sebab tanwin bertemu huruf alif.

اَنْزَلْ


Ini adalah tajwid ikhfa haqiqi, sebab nun sukun bertemu huruf zay.

زَلْنٰهُ


Nama tajwid di atas adalah mad ashli, sebab ada harakat fathah berdiri.

اِلَيْكَ


Ini adalah huruf lin atau harfu layin, sebab huruf ya disukun oleh huruf berharakat fathah.

Ghunnah di surat Ibrahim ayat 1

لِـتُخْرِجَ النَّا سَ


Pada kalimat di atas ada 3 hukum tajwid, yaitu alif lam syamsiyah, ghunnah dan mad thabi’i. Alif lam syamsiyah di surat Ibrahim ayat 1 ini terjadi sebab alif lam bertemu huruf syamsiyah yaitu Nun.

Ghunnah di surat Ibrahim ini terjadi sebab huruf nun ditasydid. Ketika dibaca, huruf nunnya harus didengungkan.
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
اَفَاَمِنَ اَهۡلُ الۡـقُرٰٓى اَنۡ يَّاۡتِيَهُمۡ بَاۡسُنَا بَيَاتًا وَّهُمۡ نَآٮِٕمُوۡنَؕ‏ (٩٧) اَوَاَمِنَ اَهۡلُ الۡقُرٰٓى اَنۡ يَّاۡتِيَهُمۡ بَاۡسُنَا ضُحًى وَّهُمۡ يَلۡعَبُوۡنَ (٩٨) اَفَاَمِنُوۡا مَكۡرَ اللّٰهِ‌ ۚ فَلَا يَاۡمَنُ مَكۡرَ اللّٰهِ اِلَّا الۡقَوۡمُ الۡخٰسِرُوۡنَ (٩٩)
Maka apakah penduduk negeri itu merasa aman dari siksaan Kami yang datang malam hari ketika mereka sedang tidur? Atau apakah penduduk negeri itu merasa aman dari siksaan Kami yang datang pada pagi hari ketika mereka sedang bermain? Atau apakah mereka merasa aman dari siksaan Allah yang tidak terduga-duga? Tidak ada yang merasa aman dari siksaan Allah selain orang-orang yang rugi.

(QS. Al-A'raf Ayat 97-99)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More