Inilah Musuh Kita yang Sebenarnya, 9 Nama Setan dan Tugasnya

Senin, 24 Agustus 2020 - 18:58 WIB
7. Setan Masuth.

Masuth (fahuwa shohibul akhbar) adalah setan penguasa berita. Dia akan membisikkan manusia untuk terus menebarkan isu-isu dan berita-berita yang tidak benar atau kabar bohong.

8. Setan Dasim.

Setan Dasim (fahuwa shohibul buyut). Setan ini adalah penguasa rumah. Maka sesungguhnya di dalam rumah kita terdapat setan Dasim yang sedang berkeliaran. Setan ini selalu mengganggu keharmonisan rumah tangga seseorang, jika keluarga tidak bisa mengontrol dari godaannya, maka timbullah pertengkaran hingga perceraian.

9. Setan Walhan.

Setan Walhan (fahuwa yuwaswisu fil wudhu, was sholat, wal 'ibadat) adalah setan pengganggu dan pemberi keragu-raguan dalam setiap melaksanakan wudhu, salat dan ibadah lainnya. Dia membisikkan keraguan kepada seseorang yang berwudhu agar terus mengulang-ulang wudhunya. Dengan sebab mengulang wudhunya maka akan banyak air yang terbuang dan mubadzir. Allah berfirman: "innal mubadzdziriina kanu ikhwaana ssyayathin (seseungguhnya orang-orang yang memubadzirkan sesuatu itu merupakan teman-teman setan ). Ia juga meragu-ragukan kita dalam salat, supaya salat kita tidak khusyuk, demikian ibadah yang lain.

Doa Berlindung dari Kejahatan Setan

Selain membaca Ta'awudz (أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ) dan memperbanyak dzikir, berikut doa mengusir setan sebagaimana dibadikan dalam Al-Qur'an:

وَقُل رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَٰتِ ٱلشَّيَٰطِينِ

وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحْضُرُونِ


Wa Qul: Rabbi a'udżu bika min hamazātisy-syayathiin, wa a'udzu bika Rabbi Ay-yahdhuruun.

Artinya:

Dan katakanlah: "Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku". (Surat Al-Mu'minun Ayat 97-98)

Demikian nama-nama keturuan setan dan tugas-tugasnya menggoda manusia. Semoga Allah memberi kita taufik dan berkenan melindungi kita dari tipu daya serta gangguan setan . ( )

Wallahu Ta'ala A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Akan ada di akhir zaman para 'Dajjal Pendusta' (bukan Al-Masih Ad-Dajjal) membawa hadits-hadits kepada kalian yang mana kalian tidak pernah mendengarnya dariku dan bapak-bapak kalian pun juga belum pernah mendengarnya. Maka jauhilah mereka, agar mereka tidak bisa menyesatkan kalian dan tidak bisa memfitnah kalian.

(HR. Muslim No. 8)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More