Di Balik Kisah Pengerahan Kapal Induk Abraham Lincoln ke Timur Tengah

Minggu, 18 Agustus 2024 - 05:15 WIB
Pemerintahan Biden tidak meninggalkan pendekatan mantan Presiden Donald Trump. Sebaliknya, mereka justru memperkuat pendekatan mereka, mendorong normalisasi hubungan antara Israel dan Arab Saudi tanpa mengatasi masalah yang mendasarinya.



Tujuannya jelas: membentuk aliansi yang tidak akan menggantikan AS di kawasan tersebut, tetapi melengkapi upayanya, yang memungkinkan Washington untuk memfokuskan energinya pada Asia dan Eropa.

Namun, kata Jehad Abusalim, pengaturan ini runtuh pada tanggal 7 Oktober karena mitos keunggulan militer dan intelijen Israel hancur hanya dalam beberapa jam ketika Hamas melakukan Operasi Badai Al-Aqsa.

Selama beberapa dekade, Israel telah dipasarkan sebagai kekuatan militer yang tangguh dan tak terkalahkan, mitra utama dalam memastikan dominasi Amerika di Timur Tengah.

Namun sekarang, setelah 10 bulan genosida brutal dan pertempuran sengit di Gaza, Israel mendapati dirinya terperosok dalam rawa, tidak mampu mengamankan kemenangan yang menentukan melawan Hamas dan faksi Palestina lainnya.

Militer Israel yang sama yang pernah mengalahkan gabungan pasukan tiga negara Arab dalam enam hari selama perang 1967 kini berjuang melawan pasukan gerilya di Gaza.

Inilah rezim Israel yang diandalkan oleh para pembuat kebijakan AS sebagai sekutu militer yang penting bagi kepentingan Amerika di kawasan tersebut, tetapi terbukti tidak mampu mencapai kemenangan yang menentukan melawan faksi-faksi di Gaza.

Keterlibatan Lebih Lanjut

Kini, saat Israel terus terjerat di Gaza, negeri itu berupaya memprovokasi kemungkinan terjadinya perang regional di samping perang Gaza yang sedang berlangsung.



Netanyahu mengandalkan AS dan sekutunya untuk melakukan perintahnya agar kawasan itu tetap dalam keadaan perang yang terus-menerus.

Atas alasan ini, Israel telah melanggar kedaulatan Iran dua kali, dan sekarang, karena takut akan pembalasan Iran, Israel mengandalkan AS, serta negara-negara Barat dan Arab, untuk melindunginya dari apa yang mungkin merupakan pembalasan terbatas Iran yang dimaksudkan untuk membangun kembali keseimbangan kekuatan dan pencegahan dalam menghadapi agresi Israel.

Sementara Iran beserta negara dan sekutu non-negaranya berupaya membangun kembali pencegahan, sulit untuk membayangkan bahwa situasi tidak akan meningkat menjadi konfrontasi yang lebih besar.

Mengingat skala dan kompleksitas ketegangan yang sedang berlangsung, yang mencakup wilayah yang luas dan melibatkan banyak aktor, langkah apa pun dapat meredakan ketegangan atau memicu kekerasan lebih lanjut.

Namun, bagi para pembuat kebijakan AS, alih-alih mengakui bahwa stabilitas sejati di Timur Tengah memerlukan penanganan akar penyebab ketegangan dan konflik - termasuk masalah Palestina - AS tetap bertahan dengan pendekatan yang berakar pada kekuatan, aliansi dengan rezim yang menindas, dan mengabaikan hak asasi manusia.



Sekarang, dengan Israel yang siap menyeret AS ke dalam perang lagi, strategi yang seharusnya menghemat sumber daya Amerika, meskipun karena alasan strategis, justru mengarah pada keterikatan lebih lanjut, dan ini terutama disebabkan oleh dukungan buta dan tanpa syarat Washington terhadap Israel.

Inilah harga yang harus dibayar dari kebijakan yang dibangun di atas ilusi dan keuntungan jangka pendek.

Akankah para pembuat kebijakan di Washington belajar dari kesalahan mereka kali ini? Akankah rakyat Amerika sekali lagi terlibat dalam perang yang lebih luas di Timur Tengah?
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَمَا مَنَعَهُمۡ اَنۡ تُقۡبَلَ مِنۡهُمۡ نَفَقٰتُهُمۡ اِلَّاۤ اَنَّهُمۡ كَفَرُوۡا بِاللّٰهِ وَبِرَسُوۡلِهٖ وَلَا يَاۡتُوۡنَ الصَّلٰوةَ اِلَّا وَهُمۡ كُسَالٰى وَلَا يُنۡفِقُوۡنَ اِلَّا وَهُمۡ كٰرِهُوۡنَ
Dan yang menghalang-halangi infak mereka untuk diterima adalah karena mereka kafir (ingkar) kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka tidak melaksanakan shalat, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menginfakkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan (terpaksa).

(QS. At-Taubah Ayat 54)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More