Pasca-Jatuhnya Granada, Dua Pilihan Umat Islam: Murtad atau Tinggalkan Spanyol

Rabu, 28 Agustus 2024 - 18:50 WIB
Jati Pamungkas mengatakan dari segi waktu, Reconquista lebih lama dari Perang Salib di timur. Perang Salib di Timur diawali tahun 1096 hingga 1272—atau 1365 jika Perang Salib X dihitung. Sedangkan Reconquista dimulai dari tahun 722 hingga runtuhnya Kerajaan Islam terakhir, yaitu Emirat Granada tahun 1492—atau bila dihitung sampai terusirnya orang-orang Islam seluruhnya dari Semenanjung Iberia di tahun 1614, Perang Salib Reconquista berlangsung selama 892 tahun.



Jadi Reconquista merupakan “Perang Salib” yang jauh lebih sukses daripada Perang Salib di timur. Keberhasilan Perang Salib di Timur hanya selama 190 tahun saja karena pada tahun 1291 Kerajaan Surga telah ditaklukkan; sementara Perang Salib di Barat atau Reconquista berhasil untuk selama-lamanya hingga sekarang karena Islam telah terusir dari Spanyol.

Adanya komunitas Islam di Spanyol di masa modern adalah Islam yang baru dan tidak ada kaitannya dengan Islam yang pernah berjaya di Andalusia. Hasil akhir dari Perang Salib di Timur dan di Barat (Reconquista) tersebut sangat kontras. Sebagai catatan, penguasa Islam tidak melakukan pengusiran terhadap kaum Kristen ke Yunani atau Siprus karena memenangkan Perang Salib.

(mhy)
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَلَقَدۡ خَلَقۡنَا الۡاِنۡسَانَ مِنۡ سُلٰلَةٍ مِّنۡ طِيۡنٍ‌ (١٢) ثُمَّ جَعَلۡنٰهُ نُطۡفَةً فِىۡ قَرَارٍ مَّكِيۡنٍ (١٣) ثُمَّ خَلَقۡنَا النُّطۡفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقۡنَا الۡعَلَقَةَ مُضۡغَةً فَخَلَقۡنَا الۡمُضۡغَةَ عِظٰمًا فَكَسَوۡنَا الۡعِظٰمَ لَحۡمًا ثُمَّ اَنۡشَاۡنٰهُ خَلۡقًا اٰخَرَ‌ ؕ فَتَبٰـرَكَ اللّٰهُ اَحۡسَنُ الۡخٰلِقِيۡنَ (١٤) ثُمَّ اِنَّكُمۡ بَعۡدَ ذٰلِكَ لَمَيِّتُوۡنَؕ (١٥) ثُمَّ اِنَّكُمۡ يَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ تُبۡعَثُوۡنَ (١٦)
Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari saripati berasal dari tanah. Kemudian Kami menjadikannya air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yang melekat, lalu sesuatu yang melekat itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain. Mahasuci Allah, Pencipta yang paling baik. Kemudian setelah itu, sesungguhnya kamu pasti mati. Kemudian, sesungguhnya kamu akan dibangkitkan dari kuburmu pada hari Kiamat.

(QS. Al-Mu'minun Ayat 12-16)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More