Hukum Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 83, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Membaca

Senin, 07 Oktober 2024 - 13:34 WIB
Ghunnah, terdapat mim bertasydid. Dibaca dengung 2-3 harakat.

تَوَلَّيۡتُمۡ اِ


Idzhar Syafawi, terdapat mim sukun bertemu dengan semua huruf hijaiyah kecuali mim dan ba. Dibaca jelas dan terang, yakni pada saat memasukkan huruf mim dengan cara merapatkan bibir.

لَّا


Mad Thabi’i, terdapat harakat fathah bertemu dengan alif. Dibaca panjang 2 harakat.

قَلِيۡلًا مِّ


Pertama Mad Thabi’i, terdapat huruf ya sukun sesudah harakat kasrah. Dibaca panjang 2 harakat.

Kedua Idgham Bighunnah, terdapat harakat fathah tanwin bertemu dengan mim. Dibaca dengung.

مِّنۡکُمۡ وَ


Pertama Ikhfa, terdapat nun mati bertemu dengan huruf kaf. Dibaca dengan menyamarkan nun mati menjadi samar-samar, antara jelas dan dengung sepanjang 2 harakat.

Kedua Idzhar Syafawi, terdapat mim sukun bertemu dengan semua huruf hijaiyah kecuali mim dan ba. Dibaca jelas dan terang, yakni pada saat memasukkan huruf mim dengan cara merapatkan bibir.

اَنۡـتُمۡ مُّعۡرِ


Pertama Ikhfa, terdapat nun mati bertemu dengan huruf ta. Dibaca dengan menyamarkan nun mati menjadi samar-samar, antara jelas dan dengung sepanjang 2 harakat.

Kedua Idgham Mutamatsilain, terdapat mim sukun bertemu dengan huruf mim. Dibaca ghunnah atau mendengung selama 2 harakat.

مُّعۡرِضُوۡنَ (٨٣)


Mad ‘Arid Lissukun, terdapat mad thabi'i (wawu) bertemu dengan huruf hijaiyah yang berharakat dhommah dalam satu kalimat dan diwaqofkan. Dibaca panjang 2, 4, atau 6 harakat.

Itulah penjelasan tentang hukum tajwid surat Al Baqarah Ayat 83 yang perlu dipahami oleh setiap muslim. Semoga artikel ini dapat membantu setiap muslim dalam mempelajari ilmu tajwid. (MG/Inda Farahainnisa)

Baca juga : Beginilah Kehancuran Bangsa Yahudi dalam Surat Al Isra
(wid)
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
اَلَمۡ يَاۡنِ لِلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اَنۡ تَخۡشَعَ قُلُوۡبُهُمۡ لِذِكۡرِ اللّٰهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ الۡحَـقِّۙ وَلَا يَكُوۡنُوۡا كَالَّذِيۡنَ اُوۡتُوا الۡكِتٰبَ مِنۡ قَبۡلُ فَطَالَ عَلَيۡهِمُ الۡاَمَدُ فَقَسَتۡ قُلُوۡبُهُمۡ‌ؕ وَكَثِيۡرٌ مِّنۡهُمۡ فٰسِقُوۡنَ
Belum tibakah waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk secara khusyuk mengingat Allah dan mematuhi kebenaran yang telah diwahyukan (kepada mereka), dan janganlah mereka (berlaku) seperti orang-orang yang telah menerima kitab sebelum itu, kemudian mereka melalui masa yang panjang sehingga hati mereka menjadi keras. Dan banyak di antara mereka menjadi orang-orang fasik.

(QS. Al-Hadid Ayat 16)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More