Kisah Rasulullah SAW tentang Larangan Membunuh dan Menyiksa Hewan dengan Api

Selasa, 15 Oktober 2024 - 15:28 WIB
Islam mengajarkan umatnya agar senantiasa menyayangi binatang dan tidak boleh menyakiti atau membunuhnya jika tidak mengganggu. Foto istimewa
Larangan membunuh dan menyiksa hewan dengan api penting diketahui umat Muslim. Tak hanya menambah pengetahuan, tetapi juga menyadarkan kita untuk bersikap ala kadarnya kepada sesama makhluk Allah.

Islam adalah agama yang lengkap dan sempurna. Hal ini bisa dibuktikan dari caranya mengatur segala aspek kehidupan, termasuk bersikap kasih sayang kepada semua makhluk Allah Swt.

Islam mengajarkan umatnya agar senantiasa menyayangi binatang dan tidak boleh menyakiti atau membunuhnya jika tidak mengganggu. Bahkan, jika hewan itu membawa mudharat dan harus dibunuh, ada beberapa ketentuannya, seperti tidak boleh memakai api.

Larangan Membunuh dan Menyiksa Hewan dengan Api

Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah pernah bercerita, ada seorang Nabi singgah di bawah pohon. Lalu, ia digigit oleh seekor semut.

Selanjutnya, ia memerintahkan agar rumah semut itu dibakar. Hal yang sama juga diriwayatkan Muslim dari Abu Hurairah.

Kemudian, Allah mewahyukan kepada Nabi itu. "Hanya karena kamu digigit oleh seekor semut, lalu kamu membinasakan sebuah umat yang bertasbih." Hadis ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam Shahih-nya dalam Kitab Bad’il Khalqi, bab jika lalat jatuh di bejana, 6/356, no. 3219, serta oleh Muslim dalam Kitabus Salam, bab larangan membunuh semut, 4/1759, no. 2241.

Pada kisah lainnya, ada sebuah momen ketika Rasulullah melakukan perjalanan bersama para sahabat. Tiba-tiba, beliau melihat peristiwa ganjil karena mendapati sebuah sarang semut hangus terbakar.

“Siapa yang telah membakar sarang ini?” Tanya Rasulullah.

“Kami,” ucap para sahabat Nabi.

“Sungguh, tidak pantas menyiksa dengan api kecuali Tuhan pencipta api,” sabda Rasulullah sebagaimana kisah yang tertuang dalam hadits riwayat Abu Dawud.

Contoh lainnya, diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bercerita ada seorang Nabi yang disengat oleh seekor semut. Lalu, ia membakar sarang semut yang ada di situ, padahal yang menyengat tadi hanya seekor saja.

Ia kemudian ditegur oleh Allah Swt: “Mengapa tidak dibunuh yang menyengat saja?”

Selain binatang yang disebutkan oleh hadis itu, hewan lain boleh dibunuh selama ia mendatangkan bahaya. Namun, syaratnya adalah jika memungkinkan tidak membunuh atau menyiksanya dengan api.

Wallahu a’lam
(wid)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Allah 'azza wajalla telah berfirman: Setiap amal anak Adam adalah teruntuk baginya kecuali puasa. Puasa itu adalah bagi-Ku, dan Akulah yang akan memberinya pahala.  Dan puasa itu adalah perisai. Apabila kamu puasa, maka janganlah kamu merusak puasamu dengan rafats, dan jangan pula menghina orang. Apabila kamu dihina orang atau pun diserang, maka katakanlah, 'Sesungguhnya saya sedang berpuasa.'  Demi Allah, yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya. Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat kelak daripada wanginya kesturi. Dan bagi mereka yang berpuasa ada dua kebahagiaan. Ia merasa senang saat berbuka lantaran puasanya, dan senang pula saat berjumpa dengan Rabbnya juga karena puasanya.

(HR. Muslim No. 1944)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More