Mampukah Kheibar Shekan-2 Iran Mengalahkan Sistem Antirudal THAAD?

Rabu, 16 Oktober 2024 - 15:04 WIB
AS telah mengerahkan sistem rudal THAAD ke Israel. Ini adalah sistem rudal andalan yang akan menantang rudal-rudal Iran untuk menyerang Israel. Foto/Departemen Pertahanan AS
Amerika Serikat mengirim salah satu sistem pertahanan rudal balistiknya yang paling canggih, Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) , ke Israel . Pengerahan THAAD ini untuk memperkuat kemampuan pertahanan rudal Israel dari serangan rudal balistik Iran , jika Israel menanggapi Operasi True Promise II.

Pejabat Iran memperingatkan bahwa setiap provokasi militer lebih lanjut dari Israel dan para pendukungnya akan menghasilkan respons yang "menghancurkan".

Banyak analis militer percaya bahwa pengerahan THAAD ke Israel menunjukkan bahwa sistem pertahanan udara Israel yang banyak digembar-gemborkan tidak efektif terhadap rudal canggih Iran seperti yang disaksikan baru-baru ini.



THAAD menawarkan solusi pertahanan rudal balistik yang lebih canggih dibandingkan dengan sistem milik srael yang ada, seperti Arrow-3, Arrow-2, dan David's Sling, meskipun harganya jauh lebih mahal.

Yang sama pentingnya bagi sistem THAAD adalah radar X-Band AN/TPY-2, sensor pertahanan rudal balistik canggih yang sudah digunakan oleh militer Israel.

Awal pekan ini, lembaga penyiaran negara Iran IRIB merilis rekaman yang memperlihatkan radar Raytheon X-band yang dapat diangkut, bagian dari sistem THAAD, dihancurkan oleh pasukan Iran beberapa saat sebelum rentetan rudal menghantam lokasi militer Israel selama Operasi True Promise II.

Penambahan lebih banyak radar peringatan dini ini dimaksudkan untuk menciptakan redundansi jika beberapa di antaranya dihancurkan oleh rudal balistik serang presisi Iran.

Redundansi ini dianggap vital, terutama mengingat rudal Iran yang berkontribusi terhadap kegagalan skala besar sistem pertahanan rudal Israel pada tanggal 1 Oktober kemarin.

Rudal balistik udara Kheibar Shekan-1 dan Kheibar Shekan-2 Iran dengan mudah menembus pertahanan udara Israel yang banyak digembar-gemborkan, khususnya sistem Arrow-3 dan David's Sling.



Kheibar Shekan-1 menghindari sistem Arrow-3, yang hanya beroperasi di luar atmosfer, dengan terbang di bawah jangkauannya. Pada saat rudal itu berada dalam jangkauan sistem Arrow-2, rudal itu sudah terbang terlalu rendah untuk dicegat secara efektif.

Manuver mengelak rudal itu juga memungkinkannya untuk dengan mudah mengalahkan sistem David's Sling.

Namun, THAAD menawarkan keuntungan penting, yang memungkinkan pertempuran di ketinggian yang lebih rendah daripada Arrow-3 atau Arrow-2, berkat kendaraan pembunuh canggihnya, yang dirancang untuk beroperasi di atmosfer yang lebih rendah.

Beberapa pakar militer sebagaiana dikutip Press TV berpendapat kemampuan ini membuat sistem THAAD berpotensi lebih efektif terhadap Kheibar Shekan-1.

Namun, persamaannya berubah dengan Kheibar Shekan-2, yang memiliki jangkauan lebih jauh yaitu 1.800 kilometer dibandingkan dengan jangkauan 1.450 kilometer milik Kheibar Shekan-1.

Kendaraan luncur Kheibar Shekan-2 yang lebih aerodinamis memungkinkannya untuk "menukar" jangkauannya yang lebih jauh untuk meluncur di ketinggian rendah, sehingga tetap berada di bawah jangkauan pertempuran sistem THAAD, khususnya pada ketinggian di bawah 35 kilometer.



Hal ini memungkinkan rudal tersebut untuk melewati THAAD secara menyeluruh dan efektif serta mencapai targetnya.

Meskipun manuver ini memberikan tekanan panas yang signifikan pada wahana luncur Kheibar Shekan-2, ini merupakan metode yang efektif untuk menghindari THAAD dan menyerang target yang dituju, mungkin termasuk baterai THAAD itu sendiri.
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Allah 'azza wajalla telah berfirman: Setiap amal anak Adam adalah teruntuk baginya kecuali puasa. Puasa itu adalah bagi-Ku, dan Akulah yang akan memberinya pahala.  Dan puasa itu adalah perisai. Apabila kamu puasa, maka janganlah kamu merusak puasamu dengan rafats, dan jangan pula menghina orang. Apabila kamu dihina orang atau pun diserang, maka katakanlah, 'Sesungguhnya saya sedang berpuasa.'  Demi Allah, yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya. Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat kelak daripada wanginya kesturi. Dan bagi mereka yang berpuasa ada dua kebahagiaan. Ia merasa senang saat berbuka lantaran puasanya, dan senang pula saat berjumpa dengan Rabbnya juga karena puasanya.

(HR. Muslim No. 1944)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More