Mampukah Kheibar Shekan-2 Iran Mengalahkan Sistem Antirudal THAAD?

Rabu, 16 Oktober 2024 - 15:04 WIB
Mengingat personel Amerika mengoperasikan baterai ini, Iran mungkin memilih untuk tidak menargetkannya secara langsung, sebaliknya berfokus untuk mengalahkannya dengan tetap berada di luar jangkauan serangan.

Sebagai alternatif, Iran dapat memilih untuk menargetkan pasukan yang mengoperasikan baterai tersebut, karena ini akan menunjukkan keterlibatan langsung Amerika dalam agresi Israel terhadap Iran.

Meskipun Kheibar Shekan-2 ditempatkan dengan baik untuk menghindari THAAD, Kheibar Shekan-1 juga memiliki peluang yang kredibel untuk mengalahkan sistem tersebut dengan menargetkan lokasi di dekat tepi jangkauan serangan THAAD, yang berkurang secara signifikan saat berhadapan dengan rudal balistik udara di atmosfer.

Meskipun teknologi THAAD canggih, biayanya yang tinggi membatasi jumlah pencegat yang tersedia, terutama jika dibandingkan dengan volume dan ukuran persenjataan rudal balistik Iran.



Akibatnya, kontribusi THAAD terhadap pertahanan rezim Israel mungkin sebagian besar bersifat simbolis, menawarkan dukungan radar tambahan dan melindungi lokasi berprioritas tinggi, seperti Pangkalan Udara Nevatim, dari ancaman rudal Iran yang kurang canggih.

Namun, efektivitasnya berkurang tajam saat menghadapi ancaman yang lebih canggih seperti Kheibar Shekan-2.
(mhy)
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
يَمۡحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرۡبِى الصَّدَقٰتِ‌ؕ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيۡمٍ
Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.

(QS. Al-Baqarah Ayat 276)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More