3 Sifat yang Merusak Kehidupan Manusia, Simak Ya!

Kamis, 17 Oktober 2024 - 05:15 WIB
"LIhatlah kepada orang yang berada di bawahmu (hartanya) dan janganlah melihat kepada orang yang berada di atasmu, hal itu sangat berpengaruh untuk tidak meremehkan nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu". (Albani dalam al Misykah no 2775, Muslim, Kitab az-Zuhud (2963)(9), hadis Abu Hurairah ra)

Disamping itu, kita tidak boleh tamak terhadap milik orang lain, tidak boleh juga mengharapkan nikmat orang lain itu hilang darinya. Ketamakan adalah cerminan dari kehinaan dan kerendahan. Hasad merupakan manifestasi dari kedengkian dan iri, juga menunjukkan bahwa hatinya sedang sakit.

Semuanya adalah sifat yang tercela dalam pandangan syara' dan sangat dibenci oleh manusia. Dari Zubair bin al-Anwwam bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallambersabda :

"Tidak tersebar kepada kalian penyakit umat terdahulu, yaitu iri dan dengki. Sifat itu bisa membabat habis, aku tidak mengatakan membabat rambut tapi membabat agama".



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
اِنَّ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَالَّذِيۡنَ هَادُوۡا وَالصَّابِئُونَ وَالنَّصٰرٰى مَنۡ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالۡيَوۡمِ الۡاٰخِرِ وَعَمِلَ صَالِحًـا فَلَا خَوۡفٌ عَلَيۡهِمۡ وَلَا هُمۡ يَحۡزَنُوۡنَ
Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, Sabi'in dan orang-orang Nasrani, barangsiapa beriman kepada Allah, kepada hari kemudian, dan berbuat kebajikan, maka tidak ada rasa khawatir padanya dan mereka tidak bersedih hati.

(QS. Al-Maidah Ayat 69)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More