Sejarah Nuzulul Qur'an dan Turunnya ke Langit Dunia

Rabu, 13 April 2022 - 22:44 WIB
Rasulullah SAW pernah ditanya tentang Lailatul Qadar, lalu beliau menjawab, "Lailatul Qadar ada pada setiap bulan Ramadhan." (HR. Bukhari)

Artinya: "Carilah lailatul Qadar itu pada malam ganjil dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadhan." (HR. Bukhari)

2. Ayat Quran yang Menjelaskan

Peristiwa ini diabadikan penyebutkannya di dalam 3 ayat Qur'an yang berbeda, yaitu pada surat Al-Baqarah ayat 185, surat Ad-Dukhan ayat 3 dan surat Al-Qadar ayat 1.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ

Artinya: "Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an" (QS. Al-Baqarah : 185)

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ مباركة

Artinya: "Sesungguhnya Kami turunkan Al-Qur'an pada malam yang diberkahi". (QS. Ad-Dukhan : 3)

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Artinya: "Sesungguhnya Kami turunkan Al-Qur'an pada malam Qadar" (QS. Al-Qadr : 1)

Ketiga ayat ini bicara malam yang disebut Lailatul-Qadar yang sebenarnya bukan malam dimana Rasulullah SAW menerima wahyu pertama, melainkan turun dari sisi Allah Ta'ala hanya ke langit dunia saja.

3. Metode Penurunan

Ciri yang paling penting dari penurunan Al-Qur'an di periode pertama ini bahwa semua ayatnya turun sekaligus. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Abbas radhiyallahuanhu :

أُنزل القرآن جملة واحدة إلى السماء الدنيا ليلة القدرثم أُنزل بعد ذلك في عشرين سنة

"Al-Qur'an diturunkan sekaligus ke langit dunia pada malam Qadar, kemudian diturunkan sesudah itu sepanjang 20-an tahun.

4. Dari Mana dan ke Mana

Turunnya Al-Qur'an di periode ini sebagaimana Ibnu Abbas katakan di atas, dari sisi Allah SWT atau kadang disebut dengan lauhil-mahfuzh, tidak ke permukaan bumi tetapi hanya sampai ke langit dunia saja.

Al-Qur'an itu menunggu sejak Allah Ta'ala turunkan pertama kali entah di masa yang mana, sampai datangnya masa kehidupan Rasulullah SAW di abad ke-7 Masehi, barulah kemudian turun pertama kali ke Gua Hiro di Mekkah.

Baca Juga: Kapan Alqur'an Diturunkan? Ini Penjelasan Ustaz Ahmad Sarwat

Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdurrahman bin 'Auf radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:  Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta bersungguh-sungguh menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan benar-benar taat pada suaminya.  Maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.

(HR. Ahmad 1:191)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More