Engkau Maha Pemaaf yang Menyukai Permintaan Maaf, Maafkanlah Aku

Selasa, 05 Mei 2020 - 15:21 WIB
Beliau menjawab, "Katakanlah (pintalah): Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu anni' (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku)." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Pada doa malam Lailatul Qadar tersebut, Allah disapa dengan 'Afuwun, bukan Ghafur. Imam al-Ghazali, seperti dikutip M Quraish Shihab dalam Tasir al-Mishbah, membedakan keduanya. Al-'Afuw mengandung makna menghapus, mencabut akar sesuatu, membinasakan, dan sebagainya.

Sedangkan, al-Ghafur berarti menutup. Sesuatu yang menutup pada hakikatnya tetap wujud, hanya tidak terlihat, sedangkan yang dihapus, hilang, kalaupun tersisa, paling bekasnya saja.

Istighfar Jadi Solusi

Dalam kitab Bustanul Khatib diceritakan, sufi kenamaan al-Hasan al-Bashri (wafat 110 H) didatangi seseorang yang mengeluhkan paceklik dan kekeringan, maka beliau menasehati, "Beristighfarlah". Lalu, datang lagi orang lain mengadukan kemiskinannya, beliau menasihati, "Beristighfarlah." Kemudian, datang lagi orang mengadukan masalah sedikitnya anak, sang sufi berpesan, "Beristighfarlah."

Salah seorang muridnya bertanya, "Mengapa istighfar menjadi solusi?"

Hasan al-Bashri menjawab, "Tidakkah kamu membaca firman Allah SWT dalam surah Nuh ayat 10-12: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai'."

Orang yang mendapatkan maafnya Allah akan terhapus dosa-dosanya. Adakah kebahagiaan yang lebih tinggi dalam hidup ini selain memperoleh ampunan dan maaf Allah SWT? Maka, senantiasalah mengajukan satu permintaan pada setiap malam Ramadhan, "Allahumma innaka 'afuwwun karim tuhibbul 'afwa fa'fu anni'." Amin.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Anas radhiyallahu 'anhu, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam terbiasa membaca doa: YA MUQALLIBAL QULUUB TSABBIT QALBII 'ALAA DIINIKA (Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku berada di atas agamamu). Kemudian aku pun bertanya, Wahai Rasulullah, kami beriman kepadamu dan kepada apa yang anda bawa. Lalu apakah anda masih khawatir kepada kami? Beliau menjawab: Ya, karena sesungguhnya hati manusia berada di antara dua genggaman tangan Allah Subhanahu wa Ta'ala yang Dia bolak-balikkan menurut yang dikehendaki-Nya.

(HR. Tirmidzi No. 2066)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More