Ini yang Membuat Sayyidah Khadijah Jatuh Cinta pada Nabi Muhammad

Kamis, 12 November 2020 - 15:01 WIB
Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha pernah berkata: "Saya tidak pernah cemburu kepada manusia kecuali kepada sosok bernama Khadijah ". Padahal beliau sendiri tidak pernah ketemu Khadijah.

Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu'anha, beliau berkata: " Rasulullah صلى الله عليه وسلم hampir tidak pernah keluar dari rumah sehingga beliau menyebut-nyebut dan selalu memuji kebaikan Khadijah setiap hari sehingga aku menjadi cemburu maka aku berkata: 'Bukankah ia seorang wanita tua yang Allah telah menggantikannya dengan yang lebih baik untuk engkau?'

Maka beliau marah sampai berkerut dahinya kemudian bersabda: "Tidak! Demi Allah, Allah tidak memberiku ganti yang lebih baik darinya. Sungguh ia telah beriman di saat manusia mendustakanku, dan menolongku dengan harta di saat manusia menjauhiku, dan dengannya Allah mengaruniakan anak padaku dan tidak dengan wanita (istri) yang lain. Aisyah berkata: "Maka aku berjanji untuk tidak menjelek-jelekkannya selama-lamanya." Ucapan Aisyah ini sebenarnya hanya didasari karena cemburu, beliau tidak mengingkari keutamaan Sayyidah Khadijah .

Kisah lain diceritakan oleh Habib Ahmad, ketika Nabi dan sahabat hendak memasuki Kota Makkah, beliau meminta kemahnya didirikan di dekat makam Sayyidah Khadijah karena kecintaan beliau kepada sosok perempuan mulia penghuni surga itu. Dalam kesempatan lain, suatu hari Nabi memotong kambing. Setelah itu beliau membagikan potongan daging kambing itu kepada sahabat-sahabat Sayyidah Khadijah .

Begitulah indahnya kisah cinta Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dan Sayyidah Khadijah . Kisah cinta keduanya adalah kisah terbaik di muka bumi. Banyak hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik dari kisah tersebut. Kita berdoa kepada Allah semoga kita kelak dapat dikumpulkan bersama Rasulullah صلى الله عليه وسلم. ( )

Wallahu A'lam
(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya setan mengalir dalam pembuluh anak Adam layaknya aliran darah.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 4096)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More