Kisah Tabarruk Ngalap Berkah di Zaman Para Nabi dan Sahabat

Kamis, 25 Februari 2021 - 05:00 WIB
Jamaah haji berebut mencium Hajarul Aswad di Masjidil Haram, Makkah sebagaimana Rasulullah pernah melakukannya. Foto/Ist
Tabarruk (التَبَرُّک) berasal dari kata barokah. Para ulama mendefinisikan barokah atau berkah sebagai Ziyadatul Khair yang artinya bertambah kebaikan dari Allah. Secara bahasa, Tabarruk adalah mencari berkah-ngalap berkah.

Menurut Imam An-Nawawi, asal makna berkah adalah kebaikan yang banyak dan abadi. Tabarruk merupakan bagian dari bab Wasilah. Para Nabi dan sahabat juga mencari keberkahan lewat dari Allah 'Azza wa Jalla. Tabarruk telah dipraktikkan di zaman para Nabi dan juga masa Rasulullah صلى الله عليه وسلم.



Seperti kisah Nabi Yusuf 'alaihissalam diceritakan begitu sempurna dalam Al-Qur'an mulai masa kecil beliau hingga sukses membawa keberkahan kepada rakyat Mesir. Ketika Nabi Yusuf menjadi penguasa di Mesir, saudara-saudara yang dulu menzaliminya diampuni tanpa ada syarat. Singkat cerita, Nabi Yusuf memerintahkan saudara-saudaranya agar mengembalikan penglihatan mata ayahnya Nabi Ya'kub 'alaihissalam.

Allah berfirman:



ٱذۡهَبُواْ بِقَمِيصِي هَٰذَا فَأَلۡقُوهُ عَلَىٰ وَجۡهِ أَبِي يَأۡتِ بَصِيرٗا وَأۡتُونِي بِأَهۡلِكُمۡ أَجۡمَعِينَ ٩٣

"Pergilah kamu dengan membawa baju gamisku ini, lalu usapkanlah ke wajah ayahku, nanti ia akan melihat kembali; dan bawalah keluargamu semuanya kepadaku." (QS Yusuf: 93)

Dari kisah ini menegaskan bahwa gamis yang dipakai Nabi Yusuf mengandung keberkahan. Itulah yang diperintahkan langsung oleh Nabi Yusuf kepada saudara-saudaranya. Lewat wasilah gamis Nabi Yusuf itu, Nabi Ya'kub dapat melihat kembali tentunya ata izin Allah.

Kemudian kisah Samiri pada zaman Nabi Musa 'alaihissalam yang mengambil barakah dari tanah dimana Malaikat Jibril melaluinya. Ketika Samiri mengambil dan melemparkan tanah pada patung anak sapi yang dibuatnya, patung jadi bisa bersuara karena berkah dari tanah bekas jejak Malaikat Jibril tersebut. Firman Allah:

قَالَ بَصُرْتُ بِمَالَمْ يَبًْصَرُوْا بِهِ فَقَبَضْتُ قَبْضَةً مِنْ اَثَرِالرَّسُوْلِ فَنَبَذْتُهَاوَكَذَالِكَ سَوَّلَتْ لِى نَفْسِى

Artinya: "(Samiri menjawab): 'Aku mengetahui sesuatu yang mereka tidak mengetahuinya, maka aku ambil segenggam dari jejak Rasul lalu aku melemparkannya, dan demikianlah nafsuku membujukku". (QS Thaahaa Ayat 96)

Hampir semua ahli tafsir mengatakan bahwa yang dmaksud dengan jejak Rasul dalam ayat di atas adalah jejak Malaikat Jibril.

Allah juga pernah berfirman kepada Nabi Musa yang artinya: "Sesungguhnya Aku inilah Tuhanmu, maka tanggalkanlah kedua terompahmu; sesungguhnya kamu berada di lembah yang suci, Thuwa". (QS Thaahaa Ayat 12)

Allah sendiri menyatakan lembah Thuwa adalah tempat yang suci sehingga Nabi Musa diperintahkan untuk menanggalkan terompahnya sebagai penghormatan (ta'zhim) di tempat tersebut. Ini bukti bahwa ada tempat-tempat yang disucikan oleh Allah. Mustahil Allah memerintahkan sesuatu yang berbau syirik. Kita harus dapat membedakan antara takzhim (penghormatan) dan ibadah.

Begitu juga firman Allah agar menjadikan tempat berdirinya (maqam) Nabi Ibrahim 'alaihissalam ketika membangun Ka'bah sebagai tempat sholat. "Dan jadikan lah sebagian maqam (tempat berdiri) Ibrahim tempat sholat". (QS Al-Baqarah :125).

Ayat ini menunjukan bahwa Allah memuliakan Rasul-Nya Ibrahim dan menjadikan tempat berdirinya beliau sebagai tempat mulia yang dianjurkan untuk melakukan sholat dan mengambil barokah.

Selain itu, pada masa Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Para sahabat meyakini bahwa rumah yang pernah dimasuki Rasulullah menyimpan keberkahan sehingga banyak yang bertabarruk dengannya.

Ibnu Qusaith dan Al-'Utbi dalam Kitab Thabaqat yang disusun Ibnu Sa'ad mengatakan, bahwa para sahabat Nabi pada saat memasuki Masjid Nabawi mengusapkan tangan pada mimbar Rasulullah yang berdekatan dengan makam beliau dengan maksud bertabarruk dan bertawassul. Mereka kemudian menghadap kiblat lalu berdoa.

Dalam Thabaqat ini Ibnu Sa’ad Abdurrahman bin ‘Abdulqadir juga mengatakan bahwa ia melihat ‘Abdullah bin Umar Ibnul Khattab bertabarruk dengan mengusapkan tangannya pada tempat duduk Rasulullah yang berada di mimbar beliau. Kemudian mengusapkan tangan itu pada wajahnya". Dalam riwayat lain, Abdurrahman mengatakan bahwa 'Abdullah bin Umar juga mengusapkan tangannya pada bagian mimbar yang dahulu sering dipegang oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Jika seseorang lupa lalu dia makan dan minum ketika sedang berpuasa, maka hendaklah dia meneruskan puasanya, karena hal itu berarti Allah telah memberinya makan dan minum.

(HR. Bukhari No. 1797)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More