8 Tanda Orang yang Mendapatkan Lailatul Qadar

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:20 WIB
Keutamaan Lailatul Qadar lebih baik dari ibadah 1000 bulan dan beruntunglah orang yang mendapatkannya. Foto/Ist
Tidak terasa kita sudah memasuki hari ke-27 Ramadhan, Ahad (9/5/2021). Meski berada di pengujung hari-hari Ramadhan, umat muslim masih punya kesempatan untuk mendapatkan Lailatul Qadar.

Sebagaimana pesan Nabi, Lailatul Qadar terdapat pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, tepatnya pada malam ganjil (malam ke-21, 23, 25, 27, dan 29). Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

تحروا ليلة القدر في الوتر من العشر الأواخر من رمضان

"Carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir Ramadhan." (HR Al-Bukhari)





Setiap muslim tentu menginginkan Lailatul Qadar karena keutamaannya lebih baik dari 1.000 bulan. Allah Ta'ala berfirman: "Lailatul Qadri Khoirun Min Alfi Syahrin (malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Imam An-Nakho'i mengatakan: "Amalan di Lailatul Qadar lebih baik dari ibadah 1.000 bulan (83 tahun 4 bulan)." (Latho-if Al Ma’arif, halaman 341)

Inilah keutamaan Lailatul Qadar yang luar biasa. Bahkan, dalam satu riwayat dari Abu Hurairah, Nabi bersabda:

‎مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barangsiapa melaksanakan sholat pada malam Lailatul Qadar karena didasari iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Al-Bukhari No 1901)

Muncul pertanyaan, bagaimana tanda orang yang mendapatkan Lailatul Qadar tersebut? Para Salafunas Saleh (ulama terdahulu) mengatakan, sesungguhnya Allah apabila menerima amalan seorang hamba, maka Allah memberikan kemampuan kepadanya untuk beramal saleh lagi setelahnya.

Ulama besar kelahiran Makkah, As-Sayyid Muhammad Bin Alawi Al-Maliki (wafat 2004) menyebutkan ada 8 tanda orang mukmin yang telah memperoleh Lailatul Qadar :

1. Hatinya lembut

2. Mudah menangis

3. Menyesali dosa-dosa lalu

4. Merasa malu kepada Allah Subhanahu wa ta'ala

5. Rindu kepada Baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

6. Senantiasa merasa tenang dan lapang dada

7. Bertambah rajin beribadah dan beramal saleh

8. Rindu berjumpa dengan Allah Subhanahu wa ta'ala.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Handlalah bin Ali bahwa Mihjan bin Al Adra' telah menceritakan kepadanya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masuk ke dalam masjid, lalu beliau mendapati seorang laki-laki membaca tasyahud seusai shalat yang mengucapkan: Allahumma inni as'aluka Ya Allah Al Ahad As Shamad alladzii lam yalid wa lam yuulad walam yakul lahuu kufuwan ahad antaghfira lii dzunuubi innaka antal ghafuurur rakhiim (Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu, Dzat yang Maha Esa, Dzat yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, tiada beranak dan tidak pula diperanakkan dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia, semoga Engkau mengampuni dosa-dosaku, sesungguhnya Engkau adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.  Maka beliau bersabda: Sungguh dosa-dosanya telah di ampuni, Sungguh dosa-dosanya telah di ampuni, Sungguh dosa-dosanya telah di ampuni.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 835)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More