Sujud Tilawah, Bacaan dan Tata Cara Mengamalkannya

Sabtu, 29 Mei 2021 - 09:37 WIB
Tata Cara Sujud Tilawah

1. Berniat akan sujud Tilawah

Niat ada salah satu poin utama ketika seseorang melakukan sesuatu entah yang hukumnya sunnah, mubah, ataupun wajib.

2. Dilanjutkan membaca takbir

Tidak disyariatkan (berdasarkan pendapat yang paling kuat) untuk takbiratul ihram dan juga tidak disyariatkan untuk salam.



Tetapi ada pula yang mengisyariatkan pula bertakbir ketika hendak sujud dan bangkit dari sujud. Hal ini berdasarkan keumuman hadis Wa-il bin Hujr, Nabi shallallahu alaihi wa sallam biasa mengangkat kedua tangannya ketika bertakbir. Beliau pun bertakbir ketika sujud dan ketika bangkit dari sujud. (HR. Ahmad, Ad Darimi, Ath Thoyalisiy. Hasan).

3 Kemudian sujud satu kali

Yang lebih utama sujud tilawah itu dimulai dari keadaan berdiri, terutama ketika sujud tilawah ingin dilaksanakan di luar shalat. Para ulama bersepakat bahwa sujud tilawah itu cukup dengan sekali sujud saja. Bentuk sujud tilawah sama dengan sujud dalam shalat.



Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(wid)
Halaman :
cover top ayah
اَحَسِبَ النَّاسُ اَنۡ يُّتۡرَكُوۡۤا اَنۡ يَّقُوۡلُوۡۤا اٰمَنَّا وَهُمۡ لَا يُفۡتَـنُوۡنَ (٢) وَلَقَدۡ فَتَـنَّا الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِهِمۡ‌ فَلَيَـعۡلَمَنَّ اللّٰهُ الَّذِيۡنَ صَدَقُوۡا وَلَيَعۡلَمَنَّ الۡكٰذِبِيۡنَ (٣) اَمۡ حَسِبَ الَّذِيۡنَ يَعۡمَلُوۡنَ السَّيِّاٰتِ اَنۡ يَّسۡبِقُوۡنَا‌ ؕ سَآءَ مَا يَحۡكُمُوۡنَ (٤)
Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, Kami telah beriman, dan mereka tidak diuji? Dan sungguh, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang dusta. Ataukah orang-orang yang mengerjakan kejahatan itu mengira bahwa mereka akan luput dari (azab) Kami? Sangatlah buruk apa yang mereka tetapkan itu!

(QS. Al-'Ankabut Ayat 2-4)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More